Sekolah Cikal Amri Setu Perkaya Portofolio Seni Murid

Durasi Waktu Baca : 3 Menit, 26 Detik 


Jakarta, Sekolah Cikal Amri Setu. Proses belajar seni rupa yang menerapkan kemerdekaan belajar dan juga pendekatan yang berfokus pada anak di masa kini semakin memberikan ruang dan kesempatan bagi murid untuk memperkaya minat, bakat bahkan hingga pembentukan portofolio menuju tingkat Universitas hingga menjadi profesi. 


Sebagai sekolah berbasis kompetensi dan mengintegrasikan kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal dengan Frameworks International Baccalaureate terkenal di Jakarta Timur,Sekolah Cikal Amri Setu berhasil menjadi salah satu sekolah yang menghadirkan proses dan pendekatan belajar yang mendorong aksi eksplorasi dan eksperimen langsung Cyanotype Print, Bentuk Fotografi Cetak Tertua Dunia, ddi program Seni Rupa (Visual Arts) kelas 12 SMA Diploma Program. 


(Melakukan eksperimen langsung membuat karya seni sebagai portofolio karya murid di program Seni Rupa jenjang SMA International Baccalaureate Diploma Program Sekolah Cikal Amri Setu. Dok. Sekolah Cikal)

EKSPERIMEN KARYA CYANOTYPE PRINT LANGSUNG 


Reno Ganesha, pendidik program Visual Arts di jenjang SMA Cikal Amri Setu menceritakan bahwa dalam praktik pembelajaran bertemakan Cyanotype Print sebagai seni fotografi cetak tertua di dunia di sekolah, murid-murid di kelas 12 Diploma Program Visual Arts menggerakkan proses percampuran dua larutan kimia logam untuk memahami keutuhan seni tersebut. 


(Gambaran proses Cyanotype Print yang merupakan hasil percampuran dua larutan kimia logam yaitu potassium ferricyanide dan ferric amonium citrate oleh murid SMA Cikal Amri Setu Program Seni Rupa. Dok. Cikal)


“Kami berupaya memperkenalkan dan mengajarkan murid secara langsung mengenai proses fotografi/cetak tertua yang dinamakan Cyanotype Print. Proses ini berasal dari ilmuan fisika yang dahulunya melakukan eksperimen di bidang fotografi. Proses cyanotype sendiri merupakan hasil percampuran dua larutan kimia logam yaitu potassium ferricyanide dan ferric amonium citrate. Perpaduan dua larutan kimia tersebut menghasilkan kimia photo-sensitive berwarna cyan/biru yang dapat menangkap gambar negatif sampai tumbuh-tumbuhan juga di bidang datar seperti kertas dan kain. Murid-murid pun mencoba mempraktikkannya langsung dalam hal ini.” cerita Reno. 


Reno juga menambahkan bahwa dalam keseharian pembelajaran, murid-murid di kelas 12 yang memiliki minat tinggi di bidang Seni Rupa dan memilih program Visual Arts di Diploma Program International Baccalaureate yang dihadirkan dan diintergrasikan dengan kurikulum Cikal akan semakin diperkaya kemampuan dan kompetensinya untuk mengeksplorasi berbagai media. 


“Dalam program DP Visual Arts, para murid diajarkan untuk bisa mengeksplorasi berbagai media, baik itu media 2 dimensi, 3 dimensi, sampai lens based/electronics/screen based form.Cyanotype Print sendiri masuk ke 2D form di printmaking. Sehingga pengetahuan murid tentang seni visual menjadi lebih kaya dan dapat terus dieksplorasi sesuai dengan minat dan bakatnya untuk terus berkembang sebagai kompetensi.” tambahnya. 


Baca juga : Hangatnya Peresmian Sekolah Cikal Lebak Bulus Sebagai Salah Satu Sekolah Inklusi Berbasis Kompetensi Favorit di Jakarta Selatan





“Sekolah Cikal Perkaya Minat, Bakat, Kompetensi hingga Portofolio Karir Murid di Bidang Seni”

Reno Ganesha

Pendidik program Visual Arts 

di jenjang SMA Cikal Amri Setu 




Perkaya Minat, Bakat, Kompetensi hingga Portofolio Karir Murid Sekolah Cikal di Bidang Seni


Sebagai seorang praktisi Seni Rupa yang juga memiliki minat tinggi di pendidikan proses belajar yang dihadirkan di sekolah Cikal Amri Setu khususnya di program Visual Arts, Reno menuturkan bahwa pengetahuan, pengalaman belajar, dan kemampuan yang diasah di dalam kelas tidak hanya sekadar pengetahuan yang akan dilupakan, melainkan memperkaya minat, bakat, kompetensi hingga portofolio murid yang akan melanjutkan pendidikan di bidang Seni Rupa bahkan persiapan karirnya. 

(Praktik dan eksperimen langsung pembuatan Cyanotype Print menjadi salah satu cara Sekolah Cikal Perkaya minat, bakat, kompetensi hingga portofolio murid program Seni Rupa untuk pendidikan lanjutan dan karir. Dok. Cikal)


Cyanotype Print dalam hal ini merupakan sebuah bentuk karya Seni yang dibuat secara tidak konvensional. Dalam hal ini, sebagai pendidik saya memfokuskan pada persiapan para murid yang memang berminat tinggi di bidang seni untuk melengkapi setiap rangkaian asesmen dari program Visual Arts dan juga mempersiapkan portofolio masa depan mereka untuk perkuliahan dan juga bahkan karir di bidang seni.” jelasnya. 


Proses pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Cikal Amri Setu di jenjang SMA khususnya bagi kelas 12 Diploma Program International Baccalaureate dalam hal ini telah merepresentasikan proses pembelajaran yang tak lagi mendorong anak untuk menghafal tahapan atau sejarah seni lagi, melainkan menumbuhkan kemampuan mengapresiasi dan menciptakan suatu karya yang tak biasa untuk dinikmati dan diapresiasi dengan mengaitkannya pada konteks sejarah dan kehidupan masa kini, bahkan menjadi sebuah sarana mempersiapkan bukti fisik karya sebagai bagian dari pencapaian cita-cita dan profesi.  (*)


Baca juga : Program dan Pameran Theory of Knowledge, Cara SMA Cikal Asah Kecakapan Berpikir Murid Sebagai Manusia




Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal bagi anak berkebutuhan khusus melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Reno Ganesha, Pendidik Visual Arts, Sekolah Cikal Amri Setu.

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED