Wakili Indonesia, Dua Murid SMP Cikal Amri Setu Raih 6

Durasi Waktu Baca : 4 Menit, 36 Detik



Jakarta, Sekolah Cikal.Mendukung setiap murid menikmati proses belajar dan hadapi kompetisi sebagai proses mengasah kompetensi di sebuah turnamen internasional akan memberikan ruang bagi murid untuk terus berkembang dan meraih prestasi. 


Seperti itulah pendekatan yang diterapkan oleh Sekolah Cikal terhadap Btari Padma Zamzami dan Audrey Primadevi Subiakto, dua murid SMP Cikal Amri Setu yang menjadi delegasi Indonesia di Turnamen Akademik Pelajar Kelas Dunia, World Scholar’s Cup (WSC) fase Global Round yang dilaksanakan di Vietnam pada 16-20 September 2022. 


Btari dan Audrey berhasil mewakili Indonesia meraih 6 medali emas setelah berkompetisi bersama delegasi dari 10 negara lainnya, yakni ndonesia, Malaysia, India, Thailand, Vietnam, Singapore, Maldives, Canada, South Korea, Cambodia di jenjang Junior Scholars atau untuk pelajar tingkat SMP seluruh dunia. 


(Btari Padma Zamzami dan Audrey Primadevi Subiakto, dua murid SMP Cikal Amri Setu yang menjadi delegasi Indonesia di Turnamen Akademik Pelajar Kelas Dunia meraih 6 Medali Emas. Dok. Cikal)



Baca juga : Tim Delegasi Sekolah Cikal Amri Setu Raih Banyak Medali Emas dan Perak di World Scholar’s Cup Regional Round





Audrey dan Btari Wakili Indonesia di Empat Bidang Kompetisi Akademik

Sebagai pelatih dan pendamping murid di World Scholar’s Cup, Dita Anissa Johar menceritakan bahwa Audrey Primadevi Subiakto dan Btari Padma Zamzami mewakili Indonesia di WSC Global Round ini yang merupakan tahap lanjutan dari Regional Round yang diadakan di Jakarta di akhir bulan Agustus. Audrey dan Btari dari SMP Cikal Amri Setu mengikuti 4 bidang kompetisi akademik yakni, Debate, Team Challenge, Collaborative Writing, dan Scholar’s Bowl. 


 

(Btari, Audrey, Dita (Pelatih WSC Cikal Amri),dan salah satu Pelajar dari Kamboja yang bergabung. Dok. Cikal)


“Dalam Team debate, Audrey dan Btari bergabung dengan 1 scholar dari Kamboja. Di lomba ini mereka ada 3 sesi debate, dengan motion yang cukup menantang dan berhubungan dengan kurikulum WSC. Di Team challenge mereka harus menjawab sekitar 100 pertanyaan yang berhubungan dengan berbagai subyek Ilmu pengetahuan, baik itu Sejarah, Ilmu Sains, Seni, Sastra dn lainnya yang ada dalam kurikulum WSC. Lalu, Collaborative Writing, mereka diberi topik untuk menulis karya tulis, boleh fiksi ataupun nonfiksi. Terakhir,  Scholar's bowl mereka harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan menganalisis kasus yang diberikan.” jelas Dita. 


Baca juga : Sekolah Cikal Amri Setu Perkaya Portofolio Seni Murid dengan Eksperimen Langsung Fotografi Cetak Tertua Dunia!





Raih 6 Medali Emas, Audrey dan Btari Siap Melangkah ke Tournament of Champions, Amerika Serikat


Dengan proses persiapan yang cenderung singkat hanya 10 Hari, Audrey dan Btari berhasil meraih 6 medali emas yang di antaranya 4 medali emas diraih oleh  Btari Padma Zamzami  dan 2 medali emas diraih oleh Audrey Primadevi Subiakto. Dita menuturkan bahwa kegigihan adalah kunci dari keberhasilan yang diraih oleh Audrey dan Btari.


“Dalam persiapan untuk mengikuti WSC Global Rounds, kami berlatih setiap hari sepulang sekolah, dari pukul 3 hingga 4.30 sore selama kurang lebih 10 hari. Pada saat closing ceremony dan awarding session, awalnya anak-anak cukup tegang mengantisipasi bagaimana hasil perjuangan mereka. Ketika diumumkan bahwa timm dari Cikal Amri Setu yang mendapat Juara 3 keseluruhan lomba divisi junior, anak-anak sangat terkejut dan bahagia.” cerita Dita dengan penuh rasa syukur. 


Sebagai pelatih, Dita mengapreasiasi keberhasilan Audrey dan Btari yang telah mengharumkan Indonesia di kancah internasional dan juga Sekolah Cikal Amri Setu. Selanjutnya, Dita mengatakan bahwa Audrey dan Btari akan melanjutkan ke tahap terakhir yakni Tournament of Champion di Yale University, USA. 


“Saya sangat bangga dengan prestasi dan usaha Btari dan Audrey. Mereka sangat tangguh dan berusaha sangat keras untuk bisa mencapai keberhasilan ini, dan saya takin mereka akan bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan hasil yang tak kalah baik di Tournament of Champions di Amerika Serikat pada 11-16 November 2022.” tambahnya. 


Berikut Raihan Medali Btari dan Audrey dari Sekolah Cikal Amri Setu di Global Round World Scholar’s Cup di Vietnam, 


  Btari Padma Zamzami  

Audrey Primadevi Subiakto

(Btari meraih 6 Medali Emas. Dok. Cikal)

(Audrey meraih 2 Medali Emas. Dok. Cikal)

  • Gold Medal Debate Champions

  • Gold Medal Writing Champions 

  • Gold Medal Champion Scholars 

  • Gold Medal Literature and Media 

  • 4th Trophy Team Bowl 

  • 3rd Trophy Champion Team 

  • Silver Medal Team Writing

  • Tournament of Champion Qualifier

  • Gold Medal Debate Champions

  • Gold Medal Writing Champions

  • Silver Medal Team Writing 

  • 3rd Trophy Champion team 

  • 4th Trophy team Bowl 

  • Tournament of Champion Qualifier 


Kepala Sekolah Cikal Amri Setu, Izza Dinilah, M.Ed, mengucapkan apreasiasi tertingginya dan dukungan untuk Audrey dan Btari untuk melanjutkan kegigihan, ketangguhan, dan semangatnya untuk semakin mengharumkan Indonesia kelak di jenjang Tournament of Champions 


“Selamat untuk Audrey dan Btari atas keberhasilannya di WSC Global Round 2022. Semoga menjadi pengalaman yang berarti dan menambah keterampilan yang dimiliki. Untuk di Tournament of Champions  bulan November mendatang, kami memberikan kepercayaan dan keyakinan penuh pada Audrey dan Btari. Hal yg paling penting adalah pengembangan diri masing-masing dan pelajaran/insight yang didapat dengan mengikuti kegiatan ini. Selamat atas pencapaiannya dan selamat berjuang bersiap untuk tahap selanjutnya! Prestasi pasti akan mengikuti sendiri selama komitmen untuk berlatih dan untuk mengasah kompetensi ada dalam diri.” tutup Izza. (*)





Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal bagi anak berkebutuhan khusus melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Dita Annisa Johar, Pembimbing World Scholar’s Cup delegate Cikal Amri Setu

    • Izza Dinillah, Kepala Sekolah Cikal Amri Setu

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED