3 Cara TK Cikal Serpong Membuat Anak Suka Baca Buku

TK Cikal Serpong Tumbuhkan Kebiasaan Baca Buku

Durasi waktu baca : 3 menit



Jakarta, Sekolah Cikal Serpong. Menumbuhkan minat baca pada anak usia dini di tengah era digital bukanlah hal yang mudah. Hal ini turut menjadi tantangan untuk para orang tua. 


Namun, tantangan ini dihadapi oleh TK Cikal Serpong dengan melakukan pendekatan yang menyenangkan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak sejak dini. Alayya Trianindi, S.Pd, Homeroom Reception Junior Sekolah Cikal Serpong atau yang akrab disapa Alayya, menyampaikan bahwa Cikal memiliki 3 cara untuk membuat anak suka membaca sejak dini.


Seperti apa caranya? Simak selengkapnya berikut ini! 


Baca juga :Potret 4 Penulis Muda dari Sekolah Cikal dan Bukunya di Karya Raya 2024




  1. Ajak Anak Library Visit  

Dikenal sebagai sekolah ramah anak di Tangerang Selatan, TK Cikal Serpong memulai langkah baik dalam menumbuhkan kegemaran membaca pada anak-anak di rentang usia 5 hingga 6 tahun dengan mengajak anak-anak mengunjungi perpustakaan (Library Visit).


Alayya menyampaikan bahwa dengan Library Visit anak-anak akan secara bertahap membangun kebiasaan membacanya dimulai dengan merasakan pengalaman mengenal area dan jenis buku.


“Anak-anak kami ajak ke perpustakaan dan berkesempatan untuk eksplorasi jenis buku sekaligus merasakan pengalaman berada di ruang membaca.” ungkapnya.


Di tengah banyak toko buku dengan penampilan estetik dan perpustakaan publik yang ramah anak dalam hal ini, orang tua di rumah pun dapat mulai mengajak anak-anak berkeliling ke perpustakaan dan mengenal pengalaman membaca itu sendiri.


Baca Juga : 3 Tips Kembangkan Kemampuan Literasi Anak Sejak Dini Ala Orang Tua Murid Sekolah Cikal






  1. Adakan Sesi Drop Everything and Read  

Selain Library Visit, Alayya juga membagikan salah satu kegiatan literasi TK Cikal Serpong yang rutin dilakukan di kelas, yaitu Drop Everything and Read. 


“Sesi Drop Everything and Read dilakukan bersama homeroom teacher di kelas. Jadi, semua kegiatan kelas dihentikan sejenak untuk membaca buku yang mereka pilih sendiri. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu.” katanya. 


Momen Drop Everything and Read menjadi kegiatan efektif untuk membangun kebiasaan membaca anak. Sebab, momen ini adalah kesempatan anak untuk bercerita, berkomunikasi, serta mengekspresikan perasaan pada Homeroom dan juga teman-temannya. 


Baca Juga : TK-SD Cikal Lebak Bulus Miliki Media Resources Centre, Pusat Pengembangan Pengetahuan dan Literasi Anak!





  1. Libatkan Orang Tua dalam Mendukung Literasi Anak di Rumah

Alayya menjelaskan bahwa program literasi di TK Cikal Serpong tidak berhenti di sekolah. Sekolah Cikal dalam hal ini mengajak orang tua terlibat aktif dalam pengembangan kebiasaan membaca pada anak melalui Wonderful Enthusiastic Book Lover (WEB Book).  


“Pada kegiatan Wonderful Enthusiastic Book Lover (WEB Book), anak-anak boleh meminjam buku yang dipilih di perpustakaan dan dibawa pulang untuk dibaca bersama orang tua di rumah. Lalu, orang tua membantu anak mengisi ulasan buku yang telah dibaca di WEB Book. Biasanya anak akan menggambar di dalam WEB Book dan orang tua membantu menuliskan apa yang telah digambar anak.” tutupnya.(*)


Baca juga : Cikal Book Week, Kegiatan Pengembangan Kompetensi Literasi Murid di Sekolah Cikal Surabaya




Informasi Customer Service Cikal 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Alayya Trianindi, S.Pd, Homeroom Reception Junior Sekolah Cikal Serpong

  • Editor : Salsabila Fitriana

  • Penulis : Rahma Yulia


I'M INTERESTED