Cerita Kai, Murid TK Cikal Serpong, Asah Kecerdasan Sosial Melalui Olahraga Renang

Cerita Kai, Murid TK Cikal Serpong, Asah Kecerdasan Sosial Melalui Olahraga Renang


Durasi Waktu Baca : 5 Menit



Serpong, Sekolah Cikal. Memberikan ruang bagi anak untuk mengasah kemampuan sosial dan emosional pasca pandemi dapat dilakukan dengan mengikutsertakan anak dengan kegiatan yang menjadi minatnya, seperti halnya yang dirasakan dan dilakukan oleh Kaindra Arkana Nugraha, murid TK Cikal Serpong


Kai, sapaan hangatnya, mengembangkan dirinya dengan dukungan kedua orangtuanya di kegiatan olahraga renang sebagai upaya untuk mengasah kecerdasan sosialnya setelah pandemi melanda.

Baru-baru ini pula, Kai mengasah keberanian dan juga pengembangan dirinya dengan mengikuti kompetisi renang tingkat TK di Tangerang Selatan. Seperti apa cerita Kai selengkapnya? Simak di bawah ini, ya.

Ikuti Aktivitas Renang, Kai Memiliki Banyak Teman 


Dalam kesempatan berbincang dengan Kai, Kai berbagi cerita dengan Cikal tentang kegiatan renangnya yang dilakukan selama 1-2 kali seminggu. 


“Berenang itu seru, aku paling suka berenang, karena aku ketemu banyak temen baru.” cerita Kai pada Cikal.


Ibunda Kai, Mitha, pada kesempatan berbincang dengan Cikal mengungkapkan bahwa aktivitas renang Kai pada awalnya memang ditujukan untuk menambah referensi kegiatan Kai kala pandemi saat itu. Kai merasa antusias karena ia bersama teman sebaya yang tinggal di lingkungannya beraktivitas renang bersama. 


“Aktivitas renang Kai itu mulainya itu saat masa pandemi. Kami sebagai orangtua sempat khawatir karena terbatasnya kegiatan keluar rumah Kai di masa pandemi. Hingga akhirnya, karena ada kolam di daerah komplek kami, maka kami ajak Kai untuk ikut bersama Satya, teman sebayanya di lingkungan ini.” ucapnya. 


Mendorong Kai untuk tetap berinteraksi dan mengasah kecerdasan dan kemampuan sosialnya dengan tetap menjaga protokol kesehatan, orangtua Kai pun memberikan semangat untuk Kai mengembangkan minatnya di olahraga renang dengan teman sebayanya.


“Awal kami memperkenalkan, Kai memang butuh waktu adaptasi (kepala ga mau masuk air dan ga mau basah. Maunya pake papan, maju mundur gitu). Namun, pelatihnya mengingatkan kami untuk tetap sabar, gapapa, sabar aja ya bu, nanti mau sendiri. Nah, melihat temannya yang ada perkembangan di renang, ia pun jadi terpacu berlatih dengan semangat. Bagi kami proses ini adalah bagian dari kegiatan Kai bermain dengan temannya.” tambah Mitha.


Baca juga : Cerita Calissa, Murid SMP Cikal Amri Setu, Raih Medali Emas Kejuaraan Renang Pelajar Tingkat Kota Jakarta Timur


Kompetisi Renang, Beri Kai Pengalaman, Keseruan, dan Teman


Di tahun 2023, tepatnya di Februari 2023 lalu, Kai mengikuti kompetisi renang anak di pagelaran Al-Fath Festival 2023. Di kompetisi renang tersebut, Kai didukung oleh orangtuanya mengikuti kompetisi ini sebagai langkah untuk mengeskpresikan dan menunjukkan kemampuan renangnya dengan suka cita, sehingga dalam hal ini tidak ada paksaan harus menang. 


“Kompetisi kemarin itu lomba pertama, Kai. Di lomba itu kami sampaikan ke Kai bahwa kami tidak mementingkan menang atau kalah, tetapi kami ingin Kai bersenang-senang, fokus ketemu teman-teman barunya. Jadi, pengalaman kemariin Kai itu untuk seru-seruan.” cerita Mitha, Ibunda Kai.


Dengan semangat dan antusiasnya, Kai pun dalam kesempatan tersebut menunjukkan kemampuannya untuk berenang dengan baik dan meraih prestasi sebagai juara pertama. Juara ini, bagi Kai, membuatnya senang sekali.


“Aku jadi Nomor 1, karena tadi disemangatin aku jadi lebih unggul lagi, padahal aku kurang cepet loh, tapi jadi lebih maju lagi.  Bubu bilang Go mas Kai, jadi mas Kai jadi lebih cepat,Go Mas Kai, Go Mas Kai, jadi go lagi aku.” cerita Kai dengan semangat.


Selain aktif di Renang, Kai juga aktif di beberapa aktivitas pengembangan diri, baik itu Taekwondo, dan Piano untuk meraih banyak teman dan pengalamannya di jenjang TK.


Baca juga : Pertama Kalinya Ikuti Olimpiade Waterpolo Nasional, Dipt Raya Atmaja, Murid SMA Cikal Amri Setu, Raih Medali Perak!


Pengalaman Kai di Cikal, Bermain dan Belajar sejak Usia Dini


Dalam sesi berbincang dengan Cikal, Kai dan Ibundanya tak hanya berbagi cerita tentang pengalaman renangnya, melainkan juga berbagi cerita tentang pengalaman bermain dan belajar di Cikal, tepatnya sejak usia dini di Rumah Main Cikal hingga saat ini memasuki jenjang TK.


Ibundanya menyampaikan bahwa pertimbangan menyekolahkan Kai sejak di jenjang PAUD sebagai bagian dari mengembangkan dan mengasah kemampuan sensori, motorik, dan juga sosialisasi Kai dengan cara yang menyenangkan dan bukan “Sekolah” yang bentuknya formal. 


“Menyekolahkan Kai sejak dini, sejujurnya kami merasa merasa terbantu, mengingat kami berdua orangtua bekerja. Sejak Kai 6 bulan, kami selalu ikutsertakan Kai untuk mengembangkan sensori, motorik dan sosialisasi anakku. Saat di rumah interaksi  Kai lebih banyak sama orang dewasa, sehingga di jenjang PAUD ia akan ketemu dengan anak-anak sebayanya. Jadi, memilih menyekolahkan Kai sejak dini itu, lebih kepada kami ingin menjaga  milestones (Tahap perkembangan) Kai, kemampuan sensorik dan juga motoriknya di Rumah Main Cikal jenjang Kakak-Kakak.” cerita Mitha. 

 

Kai yang kini duduk di jenjang Reception Senior (TK) Cikal Serpong pun mengungkapkan bahwa di jenjang TK ia menyukai program Sains. 


Aku itu suka banget sains, kaya laboratorium. Sekarang lagi belajar social studies. Selain Sains aku suka PHE, enak olahraga. Olahraga itu aku main bola-bola itu, di roll abis itu dilempar.” ucap Kai dengan senang hati.


Menurut Homeroom Kai di jenjang TK, Putri Nurul Aisyah dan Nadia Nurul Fallah, Kai merupakan murid yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan sosialiasi yang baik, hal itu sudah terlihat sejak jenjang Pendidikan Anak Usia Dini di Rumah Main Cikal.


“Sejak dari Rumah Main Cikal, Kaindra memang sudah terlihat suka bicara, aktif di kelas dan Mandiri. Saat di Reception Senior pun, Kai termasuk anak yang suka berpartisipasi aktif saat kegiatan kelas. Dalam hal ini, kami bangga dengan segala pengembangan diri dan juga prestasi Kai. Dan hal tersebut juga menjadi pengalaman yang berharga bagi Kai.” ungkap keduanya berkesinambungan.


Baca juga: Sejarah Cikal, Sekolah Berbasis Kompetensi Pertama di Indonesia, Jadi Contoh Praktik Baik Lahirnya Sekolah dengan Pendekatan Personalisasi!


Inspirasi Kai untuk Teman-Teman Sebayanya


Diakhir perbincangan dengan Kai, Kai membagikan inspirasi dan semangatnya bagi teman-teman sebayanya untuk selalu berani mencoba mengembangkan diri di cabang olahraga Renang.


Coba dulu, ya. Coba dulu, ini ngga dalam kok. latihan dulu, ya. Practice gayanya, ya.” tutup Kai dengan lemah lembut. (*)


Terima kasih ya, Kai dan Ibu Mitha sudah berbagi cerita pengembangan diri Kai di minatnya yang ia sukai dan dalami. Semoga Kai selalu senang mengasah minatnya, ya! 


Baca juga : Raih Banyak Medali di Kompetisi Hoki Es Nasional dan Internasional, Inilah Cerita Adler, Murid SMP Cikal Lebak Bulus, Atlet Hoki Es Indonesia


Informasi Customer Service Cikal 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)


Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Kaindra Arkana Nugraha, Murid TK Cikal Serpong

    • Ibu Paramitha, Orangtua Kaindra 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana


I'M INTERESTED