Gambaran Proses Bermain Sambil Belajar Ideal di PAUD

Gambaran Proses Bermain Sambil Belajar Ideal di PAUD

Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Jakarta, Rumah Main Cikal. Sebagai salah satu jenjang pendidikan yang penting dalam membentuk kemampuan dasar anak dalam tumbuh kembangnya, Pendidikan Anak Usia Dini memegang peranan penting untuk dapat menghadirkan proses bermain sambil belajar (Play-Based Learning) yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan bermain serta belajar anak. 


Irene Puti Damayanti, Kepala Rumah Main Cikal, menjelaskan bahwa gambaran proses bermain sambil belajar di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini yang ideal adalah dengan memberikan konteks pengalaman belajar yang lekat dengan keseharian. 


Seperti apa detailnya? Simak di bawah ini! 



Beri Konteks Pengalaman Sehari-Hari


Puti, sapaannya, menuturkan bahwa pembelajaran anak usia dini idealnya harus dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak sesuai dengan fase tumbuh kembangnya. Di kegiatan bermain sambil belajar itu pula, guru PAUD harus dapat memberikan konteks pengalaman belajar yang lekat dengan kesehariannya, misalnya, merapikan mainan, membaca buku, berolahraga, dan lainnya. 


“Pembelajaran yang ideal bagi anak usia dini adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak, hal ini dapat seturut dengan tahapan perkembangannya. Selain itu, penting untuk memberikan konteks pengalaman belajar yang lekat dengan situasi sehari-hari dan nyata. Langkah tersebut telah diterapkan dan tertuang dalam silabus pembelajaran di Rumah Main Cikal.” ungkapnya.


Baca Juga : 3 Alasan Pendidikan Anak Usia Dini Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak




Asah Kemampuan Dasar Anak di Berbagai Aspek 


Selain mengeratkan kegiatan bermain sambil belajar dengan konteks keseharian, gambaran proses bermain sambil belajar di jenjang PAUD harus dapat mengasah dan mengembangkan kemampuan dasar anak di area perkembangannya, misalnya, sensorik-motorik, kognitif, dan sosial-emosional.


“kegiatan bermain sambil belajar idealnya dapat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan dasar pada area perkembangan kognitif, sensorik motorik, emosi, sosial, moral dan kemandirian. Hal inilah yang ideal diterapkan juga oleh kami di dalam Kurikulum Rumah Main Cikal.” imbuhnya.(*)

Baca Juga : Rumah Main Cikal Hadirkan Variasi Program Belajar Anak Usia Dini Sesuai Kebutuhan Anak. Ada Harian, Bulanan dan Tahunan!




Kenali PAUD Rumah Main Cikal 

Rumah Main Cikal merupakan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dari usia Bayi-Bayi, Adik-Adik, Kakak-Kakak, hingga Pre-Kindie di Cikal. 

Tanyakan informasi kurikulum, pendekatan, hingga biaya pendidikan di PAUD Rumah Main Cikal melalui bit.ly/cikalsc atau kunjungi lokasi Rumah Main Cikal berikut:

  • PAUD Rumah Main Cikal Lebak Bulus

Jl. Lebak Bulus II No.16A, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440

  • PAUD Rumah Main Cikal Serpong

Jl. Ciater, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  • PAUD Rumah Main Cikal Bandung

Jl. Ranggamalela No.1, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

  • PAUD Rumah Main Cikal Surabaya 

Jl. Raya Lontar No.103, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216




Informasi Cikal Support Center


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs 




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Irene Puti Damayanti, Kepala Rumah Main Cikal

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED