Memahami Pengertian dan Tujuan Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) Fungsional di Sekolah Cikal

Memahami Pengertian dan Tujuan Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) Fungsional di Sekolah Cikal

Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Surabaya, Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya. Di Sekolah Cikal, terdapat dua program utama yang dibangun untuk mengoptimalkan pengembangan diri anak dengan kebutuhan khusus, yakni Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) Personal Development dan Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) Fungsional. 


Apa sebenarnya yang dimaksud dengan fungsional atau Fungsional di program Pendidikan Inklusi Cikal?  Simak penjelasan dari Debby Ashari, Academic Specialist Pendidikan Inklusi Cikal  berikut ini. 


Pengertian dan Tujuan PIC Fungsional di Pendidikan Inklusi Cikal

Sebagai pendidik di Pendidikan Inklusi Cikal, Debby menjelaskan bahwa PIC Fungsional adalah program yang didedikasikan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus mengasah kemampuan fungsional, yang mencakup, keterampilan sosial (social skill) dan keterampilan hidup (lifeskill).

“PIC Fungsional fokus belajarnya itu akan lebih disesuaikan ke hal yang lebih aplikatif, karena kemampuan fungsionalnya, keterampilan sosial (social skill) dan keterampilan hidup (lifeskill) anak dengan kebutuhan khusus memang perlu diasah lagi, seperti itu.” jelasnya.

Dalam hal ini, Debby menambahkan bahwa anak yang diasah kemampuan fungsionalnya itu bukan berarti tidak bisa kemampuan akademik, tetapi fokus yang diutamakan dalam tujuan pembelajarannya adalah kemampuan aplikatifnya dalam keseharian. 

“(dalam hal ini) bukan berarti anak-anak yang mendapatkan dukungan PIC Fungsional tidak bisa untuk mencapai kemampuan akademik, melainkan  untuk saat ini urgensinya adalah mengoptimalkan kemampuan motoriknya dahulu, misalnya, mengembangkan kemampuan kemandiriannya.” ujar Debby.

Baca Juga : Gambaran Tahapan Observasi dan Wawancara Murid Berkebutuhan Khusus di Pendidikan Inklusi Cikal




PIC Fungsional Gunakan Visual Aids sebagai Alat Bantu Belajar


Dalam proses pembelajaran di Pendidikan Inklusi Cikal, Debby juga menyebutkan bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus yang mengoptimalkan kemampuan fungsionalnya akan membutuhkan Visual Aids atau alat bantu belajar visual.

“Dalam pembelajaran PIC Fungsional,  Anak-anak dengan kebutuhan khusus akan lebih butuh banyak bantuan visual aids, seperti itu. Pembelajarannya harus konkrit. Jadi,lebih mengembangkan kemandirian, dan bina diri. Kemudian juga motoriknya.

Salah satu contoh penerapan Visual Aids Anak-Anak Berkebutuhan Khusus di Pendidikan Inklusi Cikal Fungsional  adalah ketika belajar uang. 

  • Bilamana anak reguler pada umumnya sudah memahami seribu, dua ribu, dan lainnya. Atau penambahan uang seribu ditambah dua ribu menjadi tiga ribu, Anak-anak PIC Fungsional akan memahaminya dari warna di uangnya, baik itu merah, hijau, biru, dan lainnya. 

Pada akhirnya, PIC Fungsional  adalah program yang memang dihadirkan pendidikan inklusi Cikal untuk mendukung pengembangan kemampuan diri anak secara aplikatif, terkait keseharian dan aktivitas sehari-hari. (*)

Baca Juga : Sejarah Pendidikan Inklusi Cikal, Lini Pendidikan Inklusif Terintegrasi di Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Debby Ashari, Academic Specialist Pendidikan Inklusi Cikal.

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED