Mengenal Kurikulum Utama dan Kurikulum Afiliasi di SMA Cikal

Mengenal Kurikulum Utama dan Kurikulum Afiliasi di SMA Cikal


Durasi Waktu Baca : 4 Menit 



Jakarta, Sekolah Cikal. Sebagai sekolah berbasis kompetensi pertama di Indonesia, Sekolah Cikal kini telah memiliki 4 kampus yang menghadirkan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di beberapa kota, antara lain di Jakarta (melalui Sekolah Cikal Amri Setu di Jakarta Timur dan Sekolah Cikal Lebak Bulus di Jakarta Selatan),  Serpong (melalui Sekolah Cikal Serpong), dan Surabaya (Sekolah Cikal Surabaya).


Di SMA Cikal, pendekatan personalisasi diterapkan secara signifikan dimulai dari memilih kurikulum afiliasi (framework) yang terintegrasi dengan kurikulum Cikal, program pilihan dengan sistem kredit, bentuk asesmen bagi para murid SMA, hingga pilihan jurusan dan kampus yang menjadi tujuan dan/atau impian dari para murid.


Untuk memahami lebih lengkapnya mengenai SMA Cikal, kali ini  mari kita simak secara berkala penjelasan akan SMA Cikal terkait kurikulum utama dan kurikulum afiliasi yang dapat dipilih bersama dengan dua wakil kepala Sekolah Cikal, yakni Anggi Puspita Swardhani dari SMA Cikal Amri Setu, Jakarta Timur, dan juga  Evy Verawaty dari SMA Cikal Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


(Di SMA Cikal, pendekatan personalisasi diterapkan secara signifikan dimulai dari memilih kurikulum afiliasi (framework) yang terintegrasi dengan kurikulum Cikal, Dok. Cikal)




Kurikulum Utama SMA Cikal 

Sekolah Menengah Atas (SMA) Cikal merupakan jenjang pendidikan menengah yang dihadirkan di Sekolah Cikal dengan durasi 3 tahun.SMA Cikal menerapkan kurikulum Cikal yakni Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal (5 Stars Competencies) sebagai kurikulum mendasar dalam proses pembelajaran.


Menurut Vice Principal SMA Cikal Amri Setu, Jakarta Timur, Anggi Puspita Swardhani, penerapan kurikulum Cikal dalam pembelajaran ditujukan untuk mendorong penguasaan kompetensi-kompetensi yang terkandung dalam kompetensi 5 Bintang Cikal sebagai kompetensi yang dapat digunakan untuk kehidupan yang nyata dan aksi yang lebih aplikatif.


“Kompetensi 5 Bintang adalah tujuan dari jenjang SMA Cikal, sehingga dalam proses belajarnya, para murid diarahkan agar menguasai kompetensi-kompetensi yang terkandung di dalam Cikal 5 Stars. Kompetensi-kompetensi inilah yang akan digunakan sebagai bekal murid  dalam konteks yang lebih nyata dan aplikatif.” ucapnya.  

Baca Juga : SMA Cikal Serpong Sukses Raih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN)




Gambaran Pembelajaran SMA Cikal Secara Umum

Dalam penerapan pembelajaran di SMA Cikal, Anggi juga menambahkan bahwa SMA Cikal secara umum mendorong para murid untuk menerapkan pembelajaran kontekstual atau memberdayakan konteks kehidupan. Memberdayakan konteks sendiri merupakan satu dari 5 cara Cikal dalam menumbuhkan kompetensi dalam diri murid.

“Murid SMA Cikal didorong untuk bisa belajar tidak hanya terbatas di ruang kelas, namun juga di luar kelas. Sekolah akan memberikan kesempatan belajar di luar kelas untuk mengembangkan diri murid agar bisa berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya. Murid-murid SMA Cikal diharapkan dapat memberikan karya nyata di akhir pembelajaran sebagai hasil dari apa yang telah dipelajarinya. Untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual, Program di Cikal dapat terdiri dari mata pelajaran yang berdiri sendiri atau integrasi beberapa mata pelajaran. Program terintegrasi memungkinkan murid untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, dalam konteks yang relevan.” jelasnya. 

Wakil Kepala Sekolah Cikal Lebak Bulus, Evy Verawaty, menambahkan gambaran pembelajaran secara umum SMA Cikal dari kelas 10 hingga kelas 12 sebagai berikut:

  • Kelas 10 SMA Cikal 

Kelas 10 SMA Cikal merupakan jenjang umum yang akan memberikan ruang bagi para murid SMA Cikal memilih seluruh mata pelajaran wajib. 

  • Kelas 11 dan 12 SMA Cikal

Kelas 11 dan 12 di SMA Cikal merupakan jenjang khusus dan peminatan, Dalam hal ini, para murid SMA Cikal akan dapat memilih kurikulum afiliasi/framework kurikulum nasional dan internasional yang dapat menunjang dan memperkaya proses pembelajaran murid sesuai dengan kebutuhan murid, baik itu International Baccalureate (IB), kurikulum nasional, dan/atau Cambridge IGCSE.

Baca Juga : SMA Cikal Terapkan SIstem Kredit Seperti Sistem Belajar Kuliah!




Tujuan Akhir Pembelajaran SMA Cikal

Untuk tujuan akhir pembelajaran di SMA Cikal, Anggi juga menegaskan bahwa tidak hanya berpusat pada penguasaan konten pembelajaran semata, tetapi pada konteks yang lebih panjang, yakni penguasaaan kompetensi untuk menghadapi fase yang lebih tinggi, yakni pendidikan tinggi dan perencanaan karir masa depan.

“Setiap kompetensi sudah terintegrasikan ke dalam setiap mata pelajaran sebagai tujuan pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang dicapai tidak terbatas hanya pada penguasaan konten semata tetapi juga adalah untuk mempersiapkan mereka sehingga mempunyai keterampilan yang berguna untuk jangka panjang.” tambahnya.

Baca Juga : Sekolah Cikal Perkuat Pemahaman Kompetensi 5 Bintang Cikal di Cikal Bincang-Bincang Practice What We Preach




Kurikulum Afiliasi Standar Internasional di SMA Cikal 


Sebagai sekolah swasta nasional yang berupaya menghadirkan pembelajaran setara jenjang internasional, Sekolah Cikal mengakomodasi beberapa kurikulum afiliasi yang dapat dipilih oleh para murid yang memasuki jenjang SMA. Tentunya, pemilihan kurikulum afiliasi ini disesuaikan dengan kebutuhan dan target capaian atau tujuan pengembangan diri dari masing-masing murid. Apa saja kurikulum afiliasi tersebut? Simak berikut ini

3 Kurikulum Afiliasi yang Dapat Dipilih di SMA Cikal


Di Sekolah Cikal, terdapat 3 kurikulum afiiasi yang dapat dipilih oleh murid Cikal sejak dari jenjang SMP (apabila berlanjut ke SMA Cikal) dan saat masuk SMA. Kurikulum afiliasi ini dapat berintegrasi dengan kurikulum Cikal dalam proses pembelajarannya di sekolah. 


Apa saja kurikulum afiliasi tersebut? berikut penjelasannya!


  1. IGCSE Cambridge & A Level Cambridge di SMP-SMA Cikal


IGCSE Cambridge & A Level Cambridge merupakan salah satu kurikulum afiliasi yang dapat dipilih oleh murid dimulai dari jenjang SMP kelas 9 dan kelas 10 SMA Cikal. IGCSE Cambridge dapat dipilih di kelas 9 dan kelas 10 oleh seluruh murid Cikal dan A Level Cambridge dapat dipilih di kelas 11 dan 12 (khusus di Sekolah Cikal Serpong)


Menurut Evy Verawati, kurikulum afiliasi IGCSE Cambridge diterapkan di Cikal dan dapat dipilih oleh para murid yang berminat untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan setara dengan murid internasional lainnya. 


“Cambridge sebagai program afiliasi internasional sudah sangat dikenal baik oleh dunia pendidikan sekolah dan universitas membantu para murid (termasuk di Sekolah Cikal) dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan setara dengan murid international lainnya, nantinya juga akan memudahkan mereka dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (universitas) dan bergabung dengan komunitas dunia.” jelasnya.

Anggi menambahkan bahwa keunggulan atau benefit dari mengambil kurikulum afiliasi IGCSE Cambridge dan mengintegrasikannya dengan kurikulum Cikal adalah dapat mendapatkan sertifikat resmi atas kelulusan IGCSE di kelas 10 yang diakui oleh tingkat Internasional, dan tentunya menambah portofolio murid.

“(Keunggulan dari mengambil kurikulum afiliasi) Cambridge IGCSE, jika seorang murid berhasil lulus pada ujian akhir IGCSE Cambridge di akhir kelas 10, maka murid tersebut akan mendapatkan sertifikat yang diakui dan berstandar internasional serta menambah portofolio murid (added value).” jelasnya. 

Kurikulum afiliasi IGCSE Cambridge (Year 9 dan 10) ini dapat dipilih di lokasi SMA Cikal berikut:

  • SMA Cikal Amri Setu

  • SMA Cikal Lebak Bulus

  • SMA Cikal Serpong 

  • SMA Cikal Surabaya

Kurikulum afiliasi IGCSE Cambridge A Level (Year 11 dan 12) hanya dapat dipilih di lokasi Kampus SMA Cikal Serpong 





  1. International Baccalaureate Diploma Programme (IBDP) di SMA Cikal


International Baccalaureate Diploma Programme (IBDP) merupakan salah satu kurikulum afiliasi internasional yang diterapkan dan dapat diintegrasikan dengan kurikulum Cikal di jenjang SMA Cikal.  Kurikulum afiliasi IBDP ini diterapkan di kelas 11 dan kelas 12. 


Koordinator IBDP SMA Cikal Amri Setu, Anggi Puspita Swardhani, menjelaskan bahwa dalam penerapannya. Sekolah Cikal mengadopsi kurikulum afiliasi IBDP karena kurikulum Cikal dan IBDP memiliki tujuan yang sama, yakni membekali murid dengan kompetensi nyata. Dalam IBDP, murid akan dapat memilih dua level belajar, standar level atau higher level.


“SMA Cikal pada umumnya dan khususnya SMA Cikal Amri Setu memilih International Baccalaureate sebagai kurikulum terafiliasi di jenjang kelas 11 dan 12, Dalam hal ini, Sekolah Cikal merasa bahwa IB mempunyai tujuan yang mirip dengan Visi Sekolah Cikal di mana keduanya bertujuan untuk membekali murid dengan keterampilan yang diperlukan untuk kehidupan mereka di jenjang berikutnya atau di kehidupan nyata. Untuk program-program yang merupakan bagian dari kurikulum IB, pembelajaran dilakukan sesuai dengan standard yang diberikan oleh IB.” jelas Anggi. 


Untuk keunggulan mengintegrasikan kurikulum Cikal dengan kurikulum afiliasi IBDP adalah mendapatkan sertifikat diploma yang berstandar dan diakui secara internasional. 


“Keunggulan yang didapatkan dengan mengikuti program IBDP adalah jika murid lulus ujian IBDP, maka murid tersebut akan mendapatkan sertifikat diploma atau sertifikat subject yang diikutsertakan ujian, yang berstandar dan diakui secara internasional. Sertifikat ini dapat digunakan untuk mendaftar ke universitas di seluruh dunia melalui jalur IBDP. “ tambahnya.

Bagi murid  yang bermaksud melanjutkan kuliah di luar negeri, menurut Anggi, memilih kurikulum afiliasi IBDP adalah jalur yang tepat. Mengingat sertifikat IB sudah berstandar dan diakui secara internasional. Lulusan murid IBDP dianggap telah mampu dan mempunyai keterampilan yang bisa digunakan di dunia perkuliahan sehingga tidak perlu lagi mengikuti tahun persiapan (foundation year).

Kurikulum afiliasi IBDP ini dapat dipilih di lokasi SMA Cikal berikut:

  • SMA Cikal Amri Setu

  • SMA Cikal Lebak Bulus




  1. Kurikulum Nasional/Kurikulum Merdeka 


Kurikulum nasional/kurikulum merdeka adalah kurikulum yang juga dapat dipilih dan diintegrasikan oleh murid SMA Cikal dengan kurikulum Cikal. Kurikulum merdeka sendiri menerapkan pembelajaran yang ditujukan untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Menurut Anggi, penerapan kurikulum nasional/merdeka di SMA Cikal akan menggunakan cara yang sama dengan Cikal yakni 5 Cs atau 5M.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Kurikulum Nasional saat ini atau Kurikulum Merdeka sedikit banyak mempunyai kemiripan dengan Kurikulum IB di jenjang SMA. Dengan kata lain, kurikulum tersebut dilaksanakan dan juga disampaikan dengan cara Cikal yang menggunakan 5Cs sebagai caranya. 5 Cs yang dimaksud adalah memanusiakan hubungan (Characterized), Penguasaan konsep secara menyeluruh (Comprehensive concepts), Belajar yang berkesinambungan (Constructive Continuity), Pemberian pilihan yang menantang (Challenging Choices), dan Community context.” ungkapnya. 

Kurikulum afiliasi Nasional/Merdeka ini dapat dipilih di lokasi SMA Cikal berikut:

  • SMA Cikal Amri Setu

  • SMA Cikal Lebak Bulus

  • SMA Cikal Serpong 

  • SMA Cikal Surabaya



Baca Juga : Cerita Hasya, Murid SMA Cikal Amri Setu, Raih Medali Perunggu Olimpiade Matematika Tingkat Nasional!





LOKASI SMA CIKAL

  • Alamat SMA Cikal Amri Setu 

Jl. Raya Setu No.3, RT. 02/RW. 05, Kel. Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13880

  • Alamat SMA Cikal Lebak Bulus 

Jl. Lebak Bulus I, RT. 006/RW.004, Kel. Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12430

  • Alamat SMA Cikal Serpong

Jl. Ciater, Kel. Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15310

  • Alamat SMA Cikal Surabaya 

Jl. Raya Lontar No. 103, Kel. Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60216 Surabaya




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Narasi Resmi ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  

    • Anggi Puspita Swardhani, Vice Principal Sekolah Cikal Amri Setu dan IBDP CO Cikal Amri Setu

    • Evy Verawati Tarida S, Vice Principal Sekolah Cikal Lebak Bulus, IBDP Co Sekolah Cikal Lebak Bulus

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana




I'M INTERESTED