66 Murid Sekolah Lebak Bulus Raih 114 Medali di World Scholars Cup Regional Round 2024

66 Murid Sekolah Lebak Bulus Raih 114 Medali di World Scholars Cup Regional Round 2024


Durasi Waktu Baca : 3 Menit 



Jakarta, Sekolah Cikal Lebak Bulus. 66 murid Sekolah Cikal Lebak Bulus yang tergabung dalam delegasi World Scholars Cup (WSC) Regional Round 2024 yang digelar pada Mei 2024 di Jakarta. World Scholars Cup sendiri merupakan turnamen akademik pelajar dunia yang digelar tahunan dan selalu diikuti oleh murid-murid Sekolah Cikal Lebak Bulus. 


Pada WSC Regional Round tersebut, 66 murid yang turut serta terdiri atas 15 murid SD, 45 murid SMP, dan 6 murid SMA. Delegasi Sekolah Cikal Lebak Bulus berhasil menampilkan potensi terbaiknya dalam berbagai bidang kategori turnamen akademik pelajar dunia tingkat regional dan meraih total 114 medali. 


(Delegasi Sekolah Cikal Lebak Bulus raih total 114 medali di  World Scholars Cup (WSC) Regional Round 2024. Dok. Cikal)


Seperti apa gambaran kegigihan dan pendampingan 66 murid Sekolah Cikal Lebak Bulus di Regional Round kemarin? Simak selengkapnya berikut ini! 




Pengalaman Pertama Bagi Murid SD Cikal Lebak Bulus di WSC 2024


Di tahun 2024, murid-murid SD Cikal Lebak Bulus untuk pertama kalinya ikut serta di turnamen akademik pelajar dunia. Robiatul Adawiyah, Mentor World Scholars Cup Regional Round 2024, menyatakan bahwa Sekolah Cikal Lebak Bulus berupaya mengakomodasi antusiasme para murid 


“Pada awalnya, kami melihat ada banyak ketertarikan dari murid SD untuk ikut. Dan kami tahu bahwa memang di WSC ada kompetisi khusus untuk anak usia di atas 10 tahun dan di bawah 13 tahun yang disebut dengan WSC Skittles, namun karena SD kita baru pertama kali ikut WSC, yang dipilih adalah siswa siswi kelas 5-6 SD yang tergolong dalam usia di atas 13 tahun, kelompok junior.” jelasnya. 


(66 murid SD-SMA Sekolah Cikal Lebak Bulus yang tergabung dalam delegasi World Scholars Cup (WSC) Regional Round 2024. Dok. Cikal)



Calathia Albirra Shanaya, murid kelas 6 SD Cikal Lebak Bulus, menceritakan bahwa pengalaman pertamanya mengikuti World Scholars Cup Regional Round membuatnya meraih banyak pengalaman dan teman-teman baru. 


“Aku sangat bersyukur bisa ikut WSC karena aku memutuskan ikut WSC, karena aku bisa bertemu dan berteman dengan banyak orang, banyak belajar dari mereka, dan mencoba koimpetisi atau turnamen baru yang belum pernah aku coba sebelumnya.” ujarnya. 


Baca Juga : Cerita Ayasofya, Murid SD Cikal Lebak Bulus, Raih Juara 2 Kompetisi Piano Tingkat Nasional




Raih 114  Medali, Cerminan Semangat dan Usaha Terbaik Murid


Dalam proses pelatihan dan persiapan yang dijalankan oleh para murid, Biya menuturkan bahwa proses persiapannya dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan. Dengan jadwal rutin 1x seminggu untuk membahas kemampuan menulis, debat dan kuis. 


“Persiapan untuk Jakarta Round kemarin itu kami mulai sejak bulan Januari sampai dengan Juni. Kami memiliki jadwal latihan 1x seminggu dan materi yang diajarkan dibagi-bagi. Ada beberapa pertemuan untuk membahas silabus WSC, melatih writing skill, debate maupun kuis.” tuturnya. 


Dengan kegigihan, semangat, serta usaha terbaik yang dijalankan oleh para murid yang menjadi delegasi di World Scholars Cup Regional Round 2024, 66 delegasi Sekolah Cikal Lebak Bulus berhasil meraih prestasi yang luar biasa, yakni meraih 114 medali. 


Biya mengungkapkan  apresiasi tertingginya atas semangat dan kematangan persiapan para murid. 


“Saya sangat bangga dengan effort anak-anak yang memang selalu bersemangat dalam mempelajari materi WSC. Tentu saja hasil dari tiap individu sangat berbeda dan tentunya hasil yang dicapai anaka dalah bagian dari cerminan persiapan mereka.” tambahnya. 


Calathia Albirra Shanaya, murid kelas 7 SMP Cikal Lebak Bulus, menceritakan pengalamannya mengikuti World Scholars Cup Regional Round 2024. Ia mengungkapkan ada banyak momen dan perasaaan yang ia rasakan saat ikut WSC, serta rasa syukurnya bisa melaju ke Global Round di Thailand. 


“Ketika aku ikut WSC Regional Round, ada momen saat aku gugup dan aku merasa penuh suka cita. Momen aku gugup adalah momen sesi debat dengan pelajar sekolah lain dan waktu persiapannya terbatas hanya 15 menit persiapan. Namun, hal yang paling berkesan bagiku adalah ketika aku menerima medali dan kita tahu kita lolos kualifikasi ke Global round di Thailand.” ucapnya. 


Baca Juga : Cerita Omar, Murid SMA Cikal Lebak Bulus, Peraih Juara Awan Cerah, Kompetisi Fotografi Tingkat Nasional!




Bersiap Menuju Global Round WSC 2024 


Sebagai mentor dari Sekolah Cikal Lebak Bulus, Biya menuturkan bahwa saat ini, tim delegasi Sekolah Cikal Lebak Bulus sedang bersiap menuju Global Round yang akan berlangsung pada Agustus 2024. 


“Saat ini tentu kami sudah melakukan persiapan. Jadwal yang sudah diatur seperti biasa, 1x seminggu. Kami akan mendatangkan coach debate external dan sparring internal bersama delegasi Cikal Serpong dan Cikal Amri Setu untuk debate dan latihan kuis. Kami juga berencana untuk melakaukan debate sparring external dengan seklah luar Cikal” imbuhnya. 


Semoga nanti delegasi Sekolah Cikal Lebak Bulus akan menikmati proses selebrasi belajar di Global Round! (*)


Baca Juga : Cerita Keira, Murid SD Cikal Lebak Bulus, Pegolf Cilik Berprestasi Tingkat Nasional Sejak Usia 6 tahun!




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  

    • Robiatul Adawiyah, Mentor World Scholars Cup Sekolah Cikal Lebak Bulus.

    • Calathia Albirra Shanaya, murid kelas 7 SMP Cikal Lebak Bulus, Degelasi Cikal Lebak Bulus untuk WSC Regional Round 2024. 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana



I'M INTERESTED