Commencement Week, Cara Cikal Kenalkan Komunitas Sekolah Pada Murid Baru

Commencement Week, Cara Cikal Kenalkan Komunitas Sekolah Pada Murid Baru

Cikal. Memasuki tahun ajaran baru pendidikan 2021/2022 di masa pandemi, setiap sekolah memiliki cara unik untuk menyambut murid baru. Salah satu sekolah yang juga turut berupaya menyambut murid baru dengan cara menarik hadir dari Cikal.


Melalui Commencement Week, atau minggu permulaan sekolah, Cikal berupaya mengenalkan cita, cara dan cakupan pengalaman dan proses Cikal sebagai komunitas pelajar sepanjang hayat pada murid baru.


Kenalkan Cita dan Cara Cikal

Menurut Konselor Cikal, Izza Dinillah, sebagai masa pengenalan sekolah bagi murid baru, setiap murid dapat mengikuti berbagai sesi menarik untuk mengenal komunitas, serta pengalaman belajar di Cikal.


“Melalui pelaksanaan commencement period diharapkan para murid dapat memahami tentang Cikal secara menyeluruh, baik Cita Cikal yakni Kompetensi 5 Bintang (5 Stars Competencies) dan Cara Cikal (Cikal Ways) 5Cs sehingga dalam perjalanan pendidikan, dan berkarya bersama Cikal para murid dapat berefleksi serta tumbuh menjadi versi terbaiknya.” ucapnya.


Dikenal menerapkan framework sistem IB, Cikal juga mengenalkan gambaran umum proses dan pengalaman pembelajaran di Cikal bersama dengan koordinator kurikulum dengan menerapkan positif disiplin.

“Sekolah Cikal menerapkan positive discipline. Prinsip ini mengarah pada pertumbuhan sosial dan emosional yang sehat, di mana setiap siswa membutuhkan batasan untuk membantu dalam mengelola dan mengendalikan perilaku sehingga tetap aman. Pada penerapannya, kami pun menyampaikan mengenal konsekuensi logis, bukan hukuman, sehingga anak-anak paham mengetahui penerapan disiplin yang ada di Cikal.” jelas Izza.


Kenalkan House, Tingkatkan Inklusivitas

Selain itu, dalam kegiatan ini para pendidik juga mengenalkan sistem house yang ada di Cikal. Sistem house Cikal terdiri atas 4, antara lain Unicorn, Centicore, Dragon, Phoenix untuk setiap anggota komunitas Cikal, baik guru, tim Cikal, murid, dan orang tua sebagai upaya meningkatkan inklusivitas dan menghindari perundungan.


“Sistem house ini bertujuan untuk mencegah perundungan atau senioritas, meningkatkan inklusivitas di mana membuat semua orang menjadi kenal serta melatih anak-anak untuk belajar bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda.” tuturnya.

Pada akhir commencement period ini juga ada selebrasi dengan melakukan beberapa permainan seperti menebak Cikal Team Member dari susunan kata, menebak lagu, mendekorasi ruang kelas secara virtual, memperagakan kata untuk ditebak, serta membuat video TikTok yang memperkenalkan logo baru Cikal.

“Anak-anak diharapkan menjadi lebih paham mengenai Cikal secara keseluruhan mulai dari setiap anggota yang bersinergi bersama, mengenal disiplin yang diterapkan, mengenal program yang akan dijalankan, melatih anak bekerja sama, hingga berefleksi tentang apa tujuan pembelajaran yang ingin dilakukan selama di Cikal.” tutup Izza Dinillah. (*)

I'M INTERESTED