Cerita Mikka, Murid SD Cikal Serpong, Raih 4 Penghargaan di Fun Swimming Competition 2024 Tingkat Provinsi Banten!

Cerita Mikka, Murid SD Cikal Serpong, Raih 4 Penghargaan di Fun Swimming Competition 2024 Tingkat Provinsi Banten!

Durasi Waktu Baca : 4 Menit



Tangerang Selatan, Cikal Serpong. Setiap anak tentu memiliki keinginan untuk menguasai suatu hal, baik itu subjek pelajaran atau pun hobi yang disukai. Dengan usaha dan kerja keras yang dikerahkan untuk menekuninya, kemahiran dan prestasi akan menjadi jawaban yang diraih atau dirasakan oleh anak tersebut, seperti yang dirasakan oleh Mikka Leander Strauss, murid kelas 5 SD Cikal Serpong.

Mikka, sapaan hangatnya, menekuni renang sebagai hal yang ingin ia kuasai sebagai suatu hobi dan keahliannya. Mengingat tingginya rasa suka Mikka pada renang, akhirnya Mikka pun menjadkan renang sebagai hal yang ia tekuni dengan penuh kerja keras hingga berhasil meraih prestasi dan penghargaan di Fun Swimming Competition 2024 Tingkat Provinsi Banten.

(Mikka, murid SD Cikal Serpong, raih sejumlah medali pada kompetisi Fun Swimming Competition 2024 tingkat kota Banten. Dok. Cikal)

Ingin tahu kisah Mikka dan rasa sukanya pada olahraga renang? Simak ceritanya berikut ini yuk!

Baca Juga : Cerita Enzo, Murid SD Cikal Serpong, Raih Juara 2 Lomba O2SN Cabang Karate Tingkat Kecamatan!




Dari Gemar Bermain Air, Mikka Menekuni Renang sebagai Hobi

Saat berbincang dengan Mikka dan kedua orang tuanya, ia bercerita sejak balita Mikka sudah tertarik dengan olahraga renang. Kedua orang tuanya, Asih dan Ari, juga menambahkan dari kesenangan bermain air itulah Mikka memutuskan untuk belajar renang di usia muda dengan lebih serius. 

“Waktu aku bayi, aku suka sekali bermain air! Ketika menyentuh air aku jadi senang banget. Dan sejak saat itu, ketika aku masih TK, aku memutuskan untuk ikut les berenang.” cerita Mikka mengingat awal mulai berenang.

Mikka mengungkapkan juga bahwa awal-awal mendalami olahraga renang ia sempat memiliki beberapa ketakutan, seperti takut tenggelam, tetapi karena  Mikka tetap tekun dan gigih berlatih ia pun berhasil mengatasi ketakutannya.

(Mikka menekuni olahraga renang sebagai bentuk pengembangan dirinya. Dok. Cikal)

“Waktu awal-awal latihan, tiap kali sebelum berenang aku selalu mengkhawatirkan hal-hal lain, seperti takut tenggelam saat berenang. Tapi, ketika sudah berenang aku lupa dengan ketakutanku, akhirnya aku menjadi terbiasa.” ujar Mikka.

Baca Juga : Cerita Khayla, Murid SMP Cikal Serpong, Ikuti Kompetisi Gymnastic Tingkat Internasional Pertamanya!




Asah Kemampuan, Mikka Raih 4 Penghargaan di Kompetisi Renang Tingkat Provinsi Banten!

Mikka pun mulai memberanikan diri untuk mengikuti lomba-lomba renang, ia bercerita bahwa awalnya ia gugup melihat pelajar lainnya yang turut berkompetisi. Akan tetapi ia berusaha tetap tenang dan fokus sehingga ia bisa meraih prestasi.

“Saat ikut lomba renang pertama kali, aku gugup melihat lawan-lawanku yang lebih besar badannya. Tapi aku percaya diri dengan teknik renangku dan fokus dengan tantangan yang ada di depan mataku. Saat itu aku mendapatkan juara, tapi sejak saat itu aku jadi ketagihan ikut lomba.” ujarnya.


(Usaha dan kerja kerasnya membawakan hasil yang manis kepada Mikka, ia meraih sejumlah piala dan medali. Dok. Cikal)

Pada bulan Maret 2024, Mikka mengikuti Fun Swimming Competition 2024 tingkat Provinsi Banten. Di perlombaan ini Mikka mengungkapkan ketegangannya. 

Namun, dengan tetap memegang teguh fokusnya, kegigihan dan kerja kerasnya, Mikka berhasil meraih sejumlah prestasi antara lain mendapatkan piala juara 2 gaya dada di 25 meter, piala juara 3 gaya dada di 50 meter, lalu mendapatkan medali emas di  gaya dada 50 meter dan 25 meter, dan medali perak di gaya bebas 25 meter dan gaya dada di 50 meter. Ia mengatakan bahwa ia senang dan lega atas kerja kerasnya.

“Saat diumumkan pemenangnya, awal-awal aku masih syok dan capek, tetapi aku senang! Jadi aku hanya yeey.” ujarnya sambil tertawa.

Baca Juga : Cerita Keanu, Murid SD Cikal Serpong, Peraih Medali Perak Kompetisi Sains Internasional




“Jalankan Saja Dulu”, Kunci Mikka Raih Juara dan Impiannya

Mikka mengungkapkan bahwa salah satu kunci untuknya tetap berenang dan mencoba pertandingan-pertandingan baru yakni menjalani dahulu tantangannya dengan penuh keyakinan. Kalimat tersebut mendorong Mikka untuk menguasai ketakutannya saat awal berlatih renang dan juga mengikuti berbagai perlombaan renang dengan berbagai gaya. 

“Jalankan saja, walaupun hal yang terburuk bisa saja terjadi tapi kita tidak akan tahu kalau kita belum jalani. Hal itu aku pegang terus terutama saat awal-awal berlatih renang.” ungkap Mikka.

Sebagai atlet renang muda, Mikka tentu mempunyai seorang panutan, yakni atlet renang Internasional, Michael Phelps. Ia terkadang membayangkan dirinya seperti panutannya, yang dapat berenang di perlombaan Internasional. Seperti Michael Phelps, ke depannya ia ingin mengikuti lomba-lomba renang, baik nasional maupun internasional. 

“Setiap kali menonton video perenang Michael Phelps, aku selalu membayangkan diriku sepertinya, berlomba di perlombaan olimpiade. Ke depannya aku ingin mencoba kemampuanku baik di perlombaan nasional maupun internasional.” imbuh Mikka(*).

Baca Juga : Cerita Surga, Atlet Basket SMA Cikal Serpong, Raih Medali Emas Kejuaran Basket Tingkat Kota




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Mikka Leander Strauss, Murid SD Kelas 5 Cikal Serpong, peraih penghargaan tingkat Provinsi Banten: 

      • Piala juara 2 gaya dada di 25 meter, 

      • Piala juara 3 gaya dada di 50 meter,

      • Medali emas di  gaya dada 50 meter dan 25 meter

      • Medali perak di gaya bebas 25 meter dan gaya dada di 50 meter

    • Ibu Asih dan Bapak Ari, Orang tua Mikka

  • Editor : Salsabila Fitriana

  • Penulis : Nadhira Azka

I'M INTERESTED