Potret 8 Lulusan Sekolah Cikal : Ada yang Kuliah di Dalam dan Luar Negeri, Jadi Blogger Politik Internasional hingga Berkarir di Microsoft!

DURASI WAKTU BACA : 7 MENIT, 2 DETIK


Jakarta, Sekolah Cikal. Menjadi sekolah berbasis kompetensi terkenal Indonesia di beberapa kota, baik di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bandung, Surabaya, dan Tangerang Selatan membuat banyak orang tua tentunya ingin mengetahui di mana sajakah kini alumni sekolah Cikal. 


Apakah mereka kini telah berkarir? Atau kini melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya di kampus-kampus ternama dunia? Atau kah ada yang memilih bekerja dulu baru melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan? 

Alumni Sekolah Cikal Memiliki Area Minat Berbeda 


Sebagai Pendiri Cikal, Najelaa Shihab menuturkan bahwa lulusan Sekolah Cikal memiliki preferensi langkah berbeda untuk senantiasa melanjutkan pengembangan dirinya di kehidupan dan membangun pemberdayaan pada sesama. 


“Alumni Cikal itu ke mana-mana. Untuk alumni yang telah lulus SMA, sebagian melanjutkan ke perguruan tinggi di Indonesia, sebagian ke mancanegara ke berbagai jenis kampus. Ada juga yang kerja dulu baru kemudian melanjutkan sekolah.  Jadi, Cikal itu membuka pintu dan kesempatan untuk anak dengan bakat, untuk area ketertarikan yang berbeda-beda.” tuturnya. 


Potret 10 Lulusan Alumni Sekolah Cikal 


Dari banyaknya alumni Sekolah Cikal yang telah lulus dan melanjutkan pendidikan, berikut ini beberapa potretnya, antara lain, sebagai berikut : 


  1. Aqilla Zenobia Budi Kusumadewi  (Seby) - Alumna Sekolah Cikal Tahun 2022


Aqilla Zenobia atau yang akrab disapa Seby merupakan salah satu alumni Sekolah Cikal yang juga memegang peran sebagai seorang penyanyi tanah air yang merilis lagu berjudul “Berubah”. 


Seby yang merupakan lulusan Sekolah Cikal pada tahun 2022 kini melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Kelas Internasional di Universitas Indonesia. 


(Seby merupakan alumna Sekolah Cikal angkatan 2022. Dok. Sekolah Cikal)


“Cikal adalah komunitas yang telah mendukungku untuk terus berusaha menjadi versi terbaik dari diriku. Sebagai komunitas, Cikal juga sangat inklusif terhadap model pembelajaran murid yang beragam, mau pun hubungan yang suportif antar angkatan dan guru. Sehingga, setiap murid bisa mengembangkan potensi diri sesuai minatnya” ceritanya. 


Baca Juga : Aqilla Zenobia - Alumni Sekolah Cikal di Fakultas Hukum UI



  1. Thalita Nadira Izza Senen -  Alumna Sekolah Cikal Tahun 2022


Thalita Nadira Izza Senen atau yang hangat disapa Izza merupakan salah satu alumni Sekolah Cikal tahun 2022 yang kini melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Kelas Internasional Universitas Indonesia. Izza memilih Universitas Indonesia setelah berhasil diterima juga di 13 kampus dalam dan luar negeri lainnya. 


(Thalita Nadira Izza Senen alumna Sekolah Cikal Angkatan 2022. Dok. pribadi Izza)


“Pendampingan Sekolah Cikal dalam memberikan rekomendasi program membantuku agar bisa mempunyai kualifikasi tepat untuk kuliah di luar negeri. Rekomendasi program studi dari Sekolah Cikal menjadi pilihan program studi yang aku pilih (program biomedicine)”  ucap Izza. 


Baca Juga : Kisah Thalita Izza diterima di 14 kampus Dalam dan Luar Negeri 


  1. Darryl Naufal Caniago - Alumnus Sekolah Cikal Tahun 2019 


Darryl Naufal Caniago merupakan alumni Sekolah Cikal yang berhasil melanjutkan pendidikan di sekolah perhotelan ternama di Blue Mountains International Hotel Management School, Sekolah Manajemen Perhotelan No.1 di Australia dan Asia Pasifik. Kini, ia telah bekerja di salah satu manajemen perhotelan terbaik di Indonesia. 


(Darryl Caniago Lulusan Sekolah Cikal tahun 2019. Dok. Darryl)


Darryl berbagi cerita bahwa lingkungan sekolah Cikal merupakan lingkungan yang membuat dirinya bertumbuh menjadi versi terbaik dan memahami arti menghargai sesama dengan seutuhnya. 


“Buatku team work, komunikasi, dan sense of respect di Sekolah Cikal itu membuatku menjadi lebih terbiasa untuk belajar di kampus dan bekerja di dunia profesional. Komunikasi di Sekolah Cikal di antara guru dan murid itu berlangsung dua arah dan ideal. Selain itu sense of respect yang ditumbuhkan juga menjadi representasi cara memperlakukan orang dengan baik di dunia nyata. Aku memiliki empati yang tinggi karena terbiasa dengan lingkungan di Cikal.” ceritanya. 


Baca juga : Cerita Darryl Alumni Sekolah Cikal 


  1. Muhammad Azfar Almuzammil Yusup -  Alumnus Sekolah Cikal 2022


Muhammad Azfar Almuzammil Yusup atau yang seringkali disapa Azfar merupakan salah satu alumni  yang bersekolah Sekolah Cikal Serpong. Ia kini melanjutkan di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Rekayasa, Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).


Azfar yang senantiasa melakukan konsultasi berkala dengan konselor Sekolah Cikal menerima informasi bahwa Sekolah Cikal memiliki elektabilitas yang baik akan jaringan alumni yang lulus melalui jalur SNMPTN Undangan.


(Muhammad Azfar Almuzammil Yusup, Alumni Cikal tahun 2022. Dok. Azfar)


“Kebetulan tahun lalu alumni Cikal ada yang keterima di STEI ITB melalui jalur SNMPTN juga dan ada alumni Cikal juga yang sekarang sedang menjalani semester 6 di STEI ITB juga. Dari situ, aku langsung tertarik dengan ITB dan akhirnya aku daftar di ITB.” ucapnya. 


Ia pun melanjutkan pendidikan di STEI-R ITB kini dan bertekad untuk melanjutkan dan mengembangkan minatnya selalu di bidang Matematika dan Fisika. 

  1. Devi Fitriana - Alumna Sekolah Cikal 2018 


Devi Fitriana merupakan salah satu alumni Sekolah Cikal angkatan 2018 yang melanjutkan pendidikan di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) Australia. Ia bersekolah di Sekolah Cikal sejak SD hingga SMA ini  memiliki minat yang tinggi di bidang fotografi.  Baginya ia merasa Sekolah Cikal selalu mendukung pemetaan dan pengembangan minatnya. 


(Devi Fitriana Lulusan Sekolah Cikal tahun 2018. Dok. Devi)


“Saya belajar di Cikal sejak SD hingga SMA, saya senang karena Cikal menyediakan banyak pilihan ekskul yang dapat mengasah kompetensi saya pada saat SD. Saya memiliki minat terpendam di fotografi, dan minat itu pun terasah hingga menjadi salah satu hobi, serta bagian dari rencana karir saya sekarang.Saya merasa sangat didukung oleh guru-guru di Cikal dengan mendorong saya untuk mengikuti berbagai lomba fotografi dan akhirnya saya memenangi beberapa kontes tersebut. Dari situlah saya semakin menyadari bakat saya pada bidang fotografi.” ucapnya. 

  1. Agalia Ardyasa - Alumna Sekolah Cikal 2017 


Agalia Ardyasa atau yang akrab disapa Agi merupakan lulusan Sekolah Cikal yang kini telah menjadi Customer Success Manager di perusahaan ternama, Microsoft, di Amerika Serikat.


(Agalia Ardyasa Lulusan Sekolah Cikal Tahun 2017. Dok. Agi)

 

Ia merupakan salah satu alumni Sekolah Cikal lulusan 2017 yang melanjutkan pendidikan di jurusan Ekonomi dan Matematika Terapan di University of Wisconsin, Madison, USA. Bagi Agi, Sekolah Cikal selalu memberikan kepercayaan baginya untuk bertumbuh dan berkembang menjadi dirinya sendiri dan dengan minatnya sendiri. 


“Satu hal dari Sekolah Cikal yang aku tidak mungkin dapat di sekolah lain adalah kepercayaan dari para guru untuk terus bertumbuh. Aku senang sekali, guru-guru di Sekolah Cikal tidak pernah lelah dukung aku untuk terus berkreasi. Keterampilan membuat karya dan kontribusi dari nol adalah kemampuan yang aku dapat dan tidak akan terlupakan. Aku tidak bisa membayangkan kalau aku tidak mendapatkan skill dan kepercayaan itu dari Sekolah Cikal!" ceritanya. 


  1. Ivan Abhirama Korompis - Alumnus Sekolah Cikal 2017


Ivan Abhirama Korompis merupakan salah satu alumni Sekolah Cikal yang lulus pada tahun 2017.  Ivan melanjutkan pendidikan di University of Nottingham untuk jenjang S1 dan di University College London (UCL) untuk jenjang S2. 


Bagi dirinya yang memiliki minat yang tinggi di bidang sosial, politik, dan hubungan internasional, Ivan menyampaikan bahwa kenangan terbaik selama di Cikal yang ia raih adalah meraih banya pengalaman belajar yang dibentuk memahami konteks, dan memilih tantangan dalam setiap fase tumbuh kembangnya. 


(Ivan Korompis Alumni Sekolah Cikal Tahun 2017. Dok. Ivan)


“Hal yang paling banyak berpengaruh selama berada di Cikal adalah mempelajari konteks dibalik materi. Pengalaman memahami konteks di balik materi mengasah diriku untuk membuat ide dan argumen yang meyakinkan. selain itu, aku pun belajar untuk menghargai pendapat teman maupun guru dan bagaimana menjalin hubungan sosial dan berpartisipasi di dalam maupun luar kelas.” ucapnya. 


Ivan pun kini telah menjadi seorang Blogger yang membahas isu politik dan hubungan internasional di International Public Policy Review. 


  1. Nadila - Alumna Cikal Tahun 2018


Nadila merupakan alumna Sekolah Cikal yang kini tengah melanjutkan pendidikan di Waseda University Jepang dengan program studi Social Sciences. Seiring menjalankan kuliahnya ia juga bergabung di Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) di Waseda sebagai Head of Human Resources Development. 


(Nadila lulusan sekolah Cikal tahun 2018. Dok. Nadila)


Tak hanya itu, ia juga aktif menjadi seorang Graphic Designer di waktu luangnya. Bagi Nadila, sebagai alumni Cikal, ia merasa Cikal sepanjang proses belajar dulu selalu memberikan dukungan dan pendampingan terbaik dalam pemilihan dan persiapan kuliah. 


“Jika melihat kembali proses pendidikan bermakna bersama Cikal, Cikal telah melatih saya untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri. Saat saya pertama masuk kuliah, saya tidak merasa terbebani oleh proses pendidikan yang berlangsung di universitas karena Cikal telah membimbing murid-muridnya untuk berpikir dan belajar cara mandiri sebagaimana penerapan Kompetensi 5 Bintang Cikal yakni Pelajar Merdeka.” ucapnya. 





Bagaimana pendapat kalian tentang alumni Sekolah Cikal di atas? Ke-delapan alumni di atas masih hanya gambaran sedikit dari lulusan alumni Sekolah Cikal yang memiliki perjalanan yang berbeda sesuai minat dan bakatnya mereka! (*)


Nantikan kisah cerita selanjutnya ya mengenai cuplikan cerita alumni Sekolah Cikal! 




Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana 



I'M INTERESTED