Raih Banyak Prestasi Baseball Dalam dan Luar Negeri, Inilah Cerita Nadine, Murid SMA Cikal Serpong dan Atlet Baseball Provinsi Banten Sejak Usia 8 Tahun!


Durasi Waktu Baca : 6 Menit




Serpong, Sekolah Cikal.Menemukan minat yang tepat sejak usia dini dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengembangkan diri lebih dalam lagi dan meraih lebih banyak prestasi untuk memberikan tantangan pada diri. 


Kali ini, Cikal akan berbagi cerita pengembangan diri dari murid kelas 11  SMA Cikal Serpong yang juga merupakan Atlet Baseball Provinsi Banten, Nadine Zahirah Gadis Maharani atau yang akrab disapa Nadine. 


Bagaimana cerita pengembangan diri Nadine sebagai pelajar di SMA Cikal dan juga sebagai atlet? Seperti apa proses penemuan bakat Nadine di Baseball? Simak cerita lengkapnya di bawah ini! 

Awal Mula Nadine Menemukan Minat di Baseball 


Nadine dalam sesi berbincang dengan Cikal menceritakan bahwa minatnya di baseball dimulai sejak kelas 4 SD dan dimulai dari rasa ingin tahu saat ia menyaksikan banyak anak-anak di sekolah terdekat dari rumahnya sedang berlatih baseball


“Aku mulai minat dengan olahraga baseball saat kelas 4 SD. Awalnya, karena rumahku dekat dengan sebuah sekolah, di sana aku sering melihat anak-anak seumuranku yang sedang berlatih baseball. Aku mulai penasaran itu olahraga apa, dan seragamnya juga keren jadi aku tertarik dan ingin mencobanya. Mengingat baseball itu olahraga tim, saat itu aku mulai terasa senang dengan olahraga baseball sampai sekarang.” ceritanya dengan senang hati. 


(Nadine Zahirah Gadis Maharani, murid SMA Cikal Serpong dan juga Atlet Baseball Provinsi Banten yang meraih banyak prestasi. Dok. Cikal)


Nadine akhirnya secara resmi berkarir sebagai atlet baseball di usia 8 tahun dan menjadi atlet adalah cita-cita masa kecilnya yang tercapai sampai detik ini. 


“Aku mulai karir baseball ku dari umur 8 tahun, di baseball itu umur 8 tahun (U8) masuk kelasnya adalah machine pitch. Level olahraga baseball adalah tball, machine pitch, minor, major, junior dan open (semua umur). Aku memang cita-cita dari kecil ingin menjadi atlet baseball.” ujarnya yang menyukai olahraga basket, badminton dan berenang dalam kesehariannya sebagai atlet baseball.

Dalam mengawali karirnya pun, Nadine mendapatkan dukungan dan pendampingan dari orang tuanya, 

“Orangtua sangat mendukung saya dalam bidang baseball dengan cara menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk berlatih dan berkompetisi mereka juga mengajari membangun mental contohnya jika saya merasa lelah mereka selalu berkata “kamu harus melewati limit kamu” dan baseball itu menurut orang tua saya seperti, mempelajari hidup karena kita harus bertoleransi, berjuang dan bekerja sama.” tambah Student-Athlete yang menggemari Shohei Ohtani Pemain Major League Baseball yang berasal dari Jepang. 

Baca juga : Berprestasi dan Tak Pernah Menyerah Asah Minat Diri, Inilah Cerita Nico, Murid SMP Cikal Lebak Bulus, Atlet Baseball DKI Jakarta!




Menjadi Atlet Baseball Provinsi Banten, Nadine Raih Banyak Pengalaman dan Prestasi 

Dalam pengembangan dirinya sejak usia 8 tahun sebagai Atlet hingga hari ini, Nadine telah berhasil meraih banyak prestasi antara lain, 

  • Turnamen Pelajaran tahun 2017 Juara 3, 

  • Pony Bronco Jakarta U12 tahun 2018 Juara 1, 

  • Pony Asia Pacific Baseball U12 Miyazaki Japan Tahun 2018 Juara 3, 

  • Kejuaraan Nasional Baseball U12 tahun 2018 Juara 3  (Bandung),

  • Indonesia Softball Little League Asia Pacific tahun 2019 Juara 3 (Jakarta), 

  • Circuit Woman Baseball tahun 2019 Juara 1 (Jakarta), 

  • Bupati Softball U21 tahun 2019 Juara 2 (Tangerang),

  • M4 International Tournament U14 tahun 2020 Juara 3 (Surabaya), 

  • Kejuaraan Nasional Baseball U18 Putri pertama tahun 2021 Juara 2 (Jakarta), 

  • Cubs Cup Woman Baseball tahun 2022 Juara 1 (Jakarta), PBI Woman Baseball tahun 2022 Juara 1 (Tangerang), Southeast Asia Woman Baseball Friendly Tournament tahun 2022 Juara 1 (Jakarta).

  • Turnamen olahraga Softball Putri Provinsi Banten 2022 medali perunggu.



(Raih banyak prestasi di Baseball, Nadine memiliki ketangguhan dan komitmen tinggi menjadi Student-Athlete. Dok. Cikal)



Nadine yang telah mengikuti berbagai turnamen nasional dan internasional dan saat ini tengah mempersiapkan diri untuk kejuaraan nasional baseball putri pada Februari 2023 secara singkat menyampaikan bahwa Southeast Asia Woman Baseball Friendly Tournament merupakan kejuaraan yang diawasi langsung oleh  WBSC (World Baseball Softball Confederation). 


“Kompetisi Southeast Asia Women Baseball Friendly Tournament (yang saya ikuti)merupakan kejuaraan  dipantau oleh WBSC (World Baseball Softball Confederation) untuk mendapatkan poin di tingkat Asia Tenggara karena olahraga tersebut belum populer di Indonesia (Asia Tenggara). Ini adalah [salah satu] kejuaraan yang saya ikuti dari banyaknya kejuaraan yang pernah dikuti baik tingkat nasional maupun internasional.” ucapnya dengan penuh antusias.


Sebagai orang tua, Amanda mengatakan rasa syukurnya atas minat, bakat, dan rangkaian prestasi yang Nadine peroleh sejak 2014-2022 ini. 

“Nadine memiliki minat baseball itu sejak tahun 2014, kami sangat bersyukur karena kami dapat menggali bakat dan potensi yang dimiliki Nadine, dan banyak prestasi yang sudah dicapai nadine di usia 16 tahun ini.” tuturnya.

Baca juga : Cerita Kirana Radita, Murid SMA Cikal, yang Terpilih Jadi Duta Pemuda Indonesia dan Jalankan Misi Budaya di Filipina




Cerita Pengalaman Nadine  Bersekolah di Sekolah Cikal Serpong 

Sebagai seorang pelajar di jenjang SMA Cikal Serpong, Nadine berbagi cerita tentang pengalaman belajar dan berkembang di Sekolah Cikal sejak 2018. 

“Aku bersekolah di Cikal sejak tahun 2018. Sampai hari ini, aku masih nyaman bersekolah di Cikal, karena guru-guru dan kepala sekolahnya sangat mendukung saya saat saya berlatih dan berkompetisi baseball.” tuturnya. 

(Sebagai pelajar SMA di Cikal Serpong, Nadine selalu didukung untuk mengoptimalkan minatnya di bidang Baseball. Dok. Cikal)

Ia juga menambahkan salah satu referensi program favoritnya di SMA Cikal Serpong, sebagai sekolah swasta inklusif berbasis kompetensi di Tangerang Selatan yakni Geografi.

“Program favoritku di Cikal adalah Geografi, karena aku sangat suka mempelajari tentang alam, hewan, dan tumbuhan terutama di Indonesia.” tambahnya. 


Sebagai Atlet, kenyamanan Nadine bersekolah di Cikal juga dikarenakan hadirnya akomodasi, fleksibilitas, pendampingan serta dukungan setiap kali Nadine bersiap untuk kompetisi dalam dan luar negeri. 


“Cikal sangat memberikan akomodasi dan fleksibilitas untuk saya berlatih dan berkompetisi kadang di jam belajar Cikal.  Jika ada kompetisi, aku akan meminta surat dispensasi kepada homeroom dan kepala sekolah.” ujarnya. 


Sebagai Ibu, Amanda juga menerangkan bahwa pemilihan Cikal sebagai sekolah dan partner pendidikan bagi keluarga dilatarbelakangi oleh kehadiran Kompetensi 5 Bintang Cikal (5 Stars Competencies) sebagai salah satu indikator dari pengembangan diri setiap anak secara personalisasi. 


“Kami memilih Cikal itu karena adanya 5 Stars Competencies, di mana setiap anak punya kurikulum sendiri atau personalisasi berdasarkan bakat dan minat anak dan Cikal mendukung, dan memfasilitasi minat dan bakat anak.” ceritanya. 


Baca juga : Kenali dan Pahami Kompetensi 5 Bintang Cikal



Impian Nadine Sebagai Atlet Baseball dan Pelajar di Masa depan 


Sebagai Student-Athlete yang juga selalu menyeimbangkan waktunya dengan baik, Nadine yang baru-baru ini meraih medali perunggu di turnamen olahraga Softball Putri Provinsi Banten 2022 dan terpilih untuk mengikuti seleksi Pra-PON 2023 mewakili provinsi Banten untuk cabang softball, memiliki impian menjadi atlet baseball nasional yang dapat selalu mengharumkan nama Indonesia dan juga melanjutkan pendidikannya di universitas di luar negeri yang memiliki program baseball


“Saya ingin menjadi atlet baseball nasional yang mengharumkan nama Indonesia, saya juga ingin berkuliah di luar negeri dengan universitas yang mempunyai program baseball.” ucapnya dengan penuh kesungguhan. 


Impian Nadine tersebut didukung penuh oleh keluarga. Orang tua Nadine pun berharap ia dapat senantiasa tekun berlatih, mengharumkan nama bangsa, dan tetap melanjutkan pendidikannya. 


Di akhir, Nadine memberikan pesan kepada adik-adik kelasnya untuk terus berupaya menemukan minat dan mengembangkan diri untuk mencapai cita-cita. 


“Pesanku untuk adik-adik kelas itu adalah jangan pernah menyerah untuk mencapai cita-cita yang tinggi, ya!” tutupnya. (*)


Wah, terima kasih ya, Nadine dan Ibu Amanda sudah berbagi inspirasi dan cerita pengembangan diri Nadine sebagai Atlet dan juga pelajar di SMA Cikal Serpong. Semoga Nadine senantiasa semangat dan mencapai impiannya! 


Baca juga : Potret 8 Lulusan Sekolah Cikal : Ada yang Kuliah di Dalam dan Luar Negeri, Jadi Blogger Politik Internasional hingga Berkarir di Microsoft!




Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Nadine Zahirah Gadis Maharani, Murid SMA Cikal Serpong, Student-Athlete Baseball Provinsi Banten

    • Ibu Amanda, Orang tua Nadine. 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana





I'M INTERESTED