25 Tahun Cikal Berdiri, Najelaa Shihab Tegaskan Cikal akan Kontribusi Lebih Banyak untuk Indonesia

25 Tahun Cikal Berdiri, Najelaa Shihab Tegaskan Cikal akan Kontribusi Lebih Banyak untuk Indonesia

Durasi Waktu Baca : 2 Menit



Jakarta, Sekolah Cikal.  Sekolah Cikal resmi mencapai Silver Anniversary pendiriannya di tahun 2024. Berdiri sejak 1999, Sekolah Cikal yang dikenal sebagai sekolah swasta berbasis kompetensi pertama di Indonesia dan juga komunitas pelajar sepanjang hayat telah dipercaya sebagai lembaga pendidikan yang dapat memenuhi pengembangan diri dan kebutuhan belajar murid sejak prasekolah hingga SMA. 


Pendiri Cikal, Najelaa Shihab, mengungkapkan rasa takjubnya menyaksikan Cikal telah bertumbuh 25 tahun dan menerima banyak kepercayaan publik untuk menjadi lembaga pendidikan terpercaya bagi para orang tua di Indonesia, serta menggerakkan banyak inspirasi serta pemberdayaan pendidikan ke banyak pendidik di seluruh Indonesia. 


“Sudah 25 tahun Cikal berdiri saya masih ngga percaya rasanya menyebut angka 25 di hari ini, karena tahun 1999 itu semangat untuk melakukan perubahan di bidang pendidikan melalui pendirian Cikal sama besarnya di saat ini di 2024 dibandingkan dengan hari pertama di Cikal dulu.” ungkapnya. 





Seperti apa refleksi dan komitmen Cikal di 25 tahun pendiriannya? Simak selengkapnya berikut ini! 





25 Tahun Cikal, Kehormatan Jadi Partner Pendidikan Orang Tua


Najelaa Shihab mengungkapkan bahwa ia merasa bersyukur dan bangga menerima kepercayaan bagi para orang tua telah mempercayakan Cikal sebagai partner pendidikan yang pada akhirnya membuat Cikal menumbuhkan kompetensi dalam diri anak sejak prasekolah hingga SMA di 3 lini pendidikan Cikal dan juga para guru seluruh Indonesia melalui inisiasi Cikal lainnya.


“Saya sangat amat bangga merasa terhormat dapat kesempatan untuk menumbuhkan kompetensi puluhan ribu murid dan alumni dari jenjang Prasekolah sampai dengan jenjang SMA, dan juga guru-guru, para pendidik di penjuru nusantara lewat Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal, Pendidikan Inklusi Cikal, juga inisiatif-insiatif Cikal yang lain di Yayasan Guru Belajar, Kampus Guru Cikal, Cerita Guru Belajar, dan Kampus Pemimpin Merdeka.” jelasnya. 


Ia juga menambahkan bahwa kepercayaan dan kehormatan menjadi partner pendidikan tersebut memberikan Cikal kesempatan untuk bersama dengan orang tua sebagai pelajar sepanjang hayat.


“(Bagi Cikal) Kesempatan untuk menumbuhkan kompetensi itu kemudian membuat kami juga mendapat kehormatan tumbuh bersama-sama dengan begitu banyak orang tua yang menjadi bagian dari komunitas pembelajar sepanjang hayat.” tambahnya.


Baca Juga : Simak Inspirasi Najelaa Shihab Mendirikan Sekolah Cikal di Usia Muda




25 Tahun Cikal, Komitmen Beri Kontribusi Lebih Banyak untuk Indonesia 


Sebagai praktisi pendidikan dan salah satu alumna terbaik dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Najelaa Shihab menyampaikan bahwa sebagai komunitas yang selalu bertumbuh, Cikal akan selalu menjadi lembaga, tempat, dan komunitas yang akan selalu memberikan kontribusi sebanyak-banyaknya bagi Indonesia melalui berbagai inisiatif dan inovasi yang dibangun oleh Cikal.


“Komunitas yang kuat di Cikal adalah tempat untuk mempraktikkan kompetensi-kompetensi  ini, dan juga menularkan semua praktek baik yang dilakukan di dalam Komunitas Cikal seluas-luasnya ke berbagai satuan pendidikan dan lembaga-lembaga pendidikan lain, karena sejak awal tujuan berdirinya Cikal adalah memberikan kontribusi sebanyak-banyaknya.” tegasnya. 




Tak hanya komitmen dan keteguhan impian akan berikan kontribusi lebih banyak terhadap pendidikan Indonesia, ia juga menyampaikan harapan bahwa Cikal sebagai institusi pendidikan dan komunitas pelajar sepanjang hayat akan tetap menumbuhkan kompetensi bagi semua untuk memberikan dampak kolektif perbaikan ekosistem pendidikan Indonesia.


“Semoga di 25 tahun ke depan atau 250 tahun ke depan kita bisa terus bekerja keras, berkolaborasi untuk menumbuhkan kompetensi semua dan setiap anak, semua dan setiap pendidik dan pengasuh di rumah, kita bisa terus menguatkan komunitas pelajar sepanjang hayat dengan berbagai organisasi yang menjadi mitra, dan bersama-sama kita menghasilkan dampak kolektif untuk perbaikan pendidikan Indonesia.” imbuhnya.(*)


Baca Juga : Najelaa Shihab Ceritakan Dua Hal Favoritnya Tentang Cikal




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  Najelaa Shihab, Pendiri Cikal dan Praktisi Pendidikan Indonesia 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana



I'M INTERESTED