7 Potret Keikutsertaan Murid SMA Cikal Amri Setu di Kompetisi MUN Tingkat Jabodetabek hingga Internasional!

7 Potret Keaktifan Murid SMA Cikal Amri Setu di Kompetisi MUN Tingkat Jabodetabek hingga Internasional!

Durasi Waktu Baca : 3 Menit


Jakarta, Sekolah Cikal Amri Setu. Haus akan tantangan dan selalu memiliki dorongan untuk berkembang dari berbagai peluang serta kesempatan adalah gambaran singkat dari karakter para pelajar mandiri di SMA Cikal Amri Setu. 


Sejak awal 2024, para murid SMA Cikal Amri Setu telah aktif memenuhi rasa ingin belajar dalam dirinya dengan mengikuti berbagai kegiata Model United Nation (MUN) atau simulasi sidang PBB yang aktif digelar bagi pelajar, baik dari tingkat kota, nasional, hingga Internasional. 


(Murid SMA Cikal Amri Setu  Aktif Ikuti Kompetisi MUN Tingkat Jabodetabek hingga  Internasional. Dok. Cikal Amri Setu)


Kompetisi MUN apa saja yang diikuti para murid dari SMA Cikal Amri Setu? Simak selengkapnya berikut ini!




Murid SMA Cikal di AYIMUN Malaysia 2024 


Mengawali tahun 2024, 15 murid SMA Cikal Amri Setu berangkat ke Malaysia untuk mengikuti Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN), sebuah kompetisi MUN tingkat Internasional bagi para pelajar di seluruh Dunia pada Januari 2024.


Di AYIMUN, ke-15 murid SMA Cikal Amri Setu yang dalam hal ini juga mewakili Indonesia  menunjukkan potensi dan bakat terbaik mereka dalam berdiplomasi. Salah satu murid SMA Cikal Amri Setu atas nama Putri Nasya Andiny juga berhasil meraih penghargaan Verbal Commendation di AYIMUN 2024. 





Murid SMA Cikal di BUZZ MUN 2024

Pada bulan Februari 2024, murid-murid SMA Cikal Amri Setu kembali mengikuti kompetisi BUZZ MUN yang diselenggarakan oleh Binus School Simprug pada Februari 2024. Di kompetisi ini, para murid SMA Cikal Amri Setu menunjukkan antusiasme dan ketangguhannya untuk berdiplomasi dan menginisasi gagasan untuk menyelesaikan isu dunia. 


Di momen keikutsertaan BUZZ MUN, Btari Padma Zamzami berhasil menjadi delegasi terbaik dari seluruh pelajar yang turut serta. 




Murid SMA Cikal di SKYMUN 2024


Tujuh murid SMA Cikal Amri Setu mengikuti SKYMUN yang juga diikuti oleh para pelajar di tingkat Jabodetabek pada April 2024. Di kompetisi SKYMUN, dua murid SMA Cikal Amri Setu yakni Tanisha Salwa meraih penghargaan Verbal Commendation dan Muhammad Kaean Enola Wirjoatmodjo meraih penghargaan Most Outstanding Delegate.





Murid SMA Cikal di SVP MUN 2024

Tanisha Salwa Ghaissani mewakili SMA Cikal Amri Setu pada Sekolah Victory Plus Model United Nations pada April 2024. Di kompetisi MUN yang diikuti oleh para pelajar di tingkat Jabodetabek ini, Tanisha berhasil meraih penghargaan Most Outstanding Delegate atas gagasan-gagasan cemerlang yang dihadirkannya dalam memecahkan isu-isu yang diangkat. 




Murid SMA Cikal di ITB MUN 2024


10 Murid SMA Cikal Amri Setu mengikuti ITB MUN 2024 yang diadakan di kota Bandung dan diikuti oleh para pelajar dari berbagai sekolah di Indonesia. Di kompetisi MUN tingkat nasional yang diselenggarakan pada bulan Juni ini, dua pelajar dari SMA Cikal Amri Setu yakin Muhammad Kaean Enola Wirjoatmodjo dan Btari Padma Zamzami berhasil meraih penghargaan Honorable Mention dan Most Outstanding Delegate. 





Murid SMA Cikal di Labschool MUN 2024


Sebanyak 7 murid SMA Cikal Amri Setu mengikuti Model United Nations di Labschool pada yang diikuti pula oleh para pelajar se-Jabodetabek pada Juni 2024.  Di kompetisi MUN ini, tiga murid SMA Cikal meraih penghargaan.  Ketiga murid tersebut antara lain Btari Padma Zamzami sebagai Best Delegate of The International Atomic Energy Agency Council, Rauufi Latief Notosutardjo sebagai Most Outstanding Delegate of The International Atomic Energy Agency Council, dan Muhammad Kaean Enola Wirjoatmodjo sebagai Most Outstanding Delegate of United Nations High Commissioner for Refugees. 




Murid SMA Cikal di President International MUN 2024

Pada Juli 2024, Rauufi Latief Notosutardjo perwakilan dari SMA Cikal Amri Setu mengikuti President International MUN 2024 yang diikuti oleh para pelajar di seluruh Indonesia. Berlangsung secara daring, Rauufi menunjukkan potensi dan gagasan terbaiknya hingga membuatnya berhasil meraih penghargaan sebagai Most Outstanding Delegate.





Apresiasi dan Pandangan Kepala SMA Cikal Amri Setu 

Kepala SMA Cikal Amri Setu, Izza Dinillah, M,Ed mengungkapkan apresiasinya kepada para murid SMA Cikal Amri Setu yang aktif memilih tantangan, mengasah kompetensi diri mereka hingga berprestasi di kompetisi Model United Nations.


“Kami tentu senang sekali dengan prestasi anak-anak yang membanggakan. Bagi kami hal yang terpenting adalah melihat bagaimana masing-masing anak berkembang dan belajar terus menerus dengan mencari tantangan-tantangan baru. Dengan mengikuti MUN secara berjenjang, anak-anak pun bertemu dengan tantangan yang berbeda-beda dan tentunya keterampilan yang mereka dapatkan juga bertambah.” ungkapnya dengan ramah.


Ia juga menambahkan bahwa keikutsertaan para murid secara aktif di Model United Nations akan memperkaya portfolio mereka menuju universitas dan program studi yang dicitakan oleh para murid. 


“Selama dilakukan dengan konsisten dan jika ada prestasi-prestasi yang didapat, kegiatan apapun, termasuk MUN, dapat menjadi portofolio diri yang bermanfaat untuk mendaftar ke universitas. Anak-anak perlu juga memahami cara mengemas refleksi diri dari berbagai kegiatan yang ada agar membuat diri mereka unik dan menjadi added value saat mendaftar ke universitas.” tambahnya. 


Baca Juga : 5 Keunggulan Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP di Jakarta Timur




Najelaa Shihab Apresiasi Antusiasme Murid SMA Cikal Amri Setu 


Pendiri Cikal, Najelaa Shihab, mengapresiasi antusiasme dan keaktifan dari para murid di SMA Cikal Amri Setu dalam mengembangkan dirinya. Ia meyakini bahwa para murid di SMA Cikal tidak pernah ragu memilih tantangan atas dirinya, belajar dari berbagai situasi, dan berhasil percaya diri mengatasi tantangan dalam kompetisi MUN.


“Kami percaya anak-anak di SMA Cikal itu semuanya tumbuh dengan kebiasaan dan kepercayaan diri untuk mengatasi tantangan-tantangan.Tantangan itu dipilih murid dan bukan yang dibebankan karena ambisi orang tua atau sekolah yang di luar target diri. murid-murid saya lihat sedang berusaha untuk terus maju dari situasi pembelajarannya saat ini, sehingga mereka akan antusias, tidak pernah ragu menghadapi tantangan karena justru membangkitkan rasa ingin tahu.” imbuhnya.(*)


Baca Juga : Cara Sekolah Cikal Tumbuhkan Jiwa Kompetitif dalam Diri Murid. Ini Penjelasan Najelaa Shihab!




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  

    • Najelaa Shihab, Pendiri Cikal.

    • Izza Dinillah, M.Ed, Kepala SMA Cikal Amri Setu. 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED