4 Cara SMA Cikal Dampingi Murid Masuk Universitas Impian

4 Cara SMA Cikal Dampingi Murid Masuk Universitas Impian

Durasi Waktu Baca : 4 Menit 



Jakarta, Sekolah Cikal. Sebagai salah satu SMA swasta berbasis kompetensi di Jakarta Selatan yang menjadi pilihan dari banyak orang tua, Sekolah Cikal berupaya untuk memberikan pendampingan sejak dini bagi para murid untuk memetakan minat dan bakatnya, hingga memilih program studi serta universitas impiannya. 


Anggi Puspita Swardhani, Wakil Kepala SMA Cikal Amri Setu dan IBDP Coordinator, dan Evy Verawaty, Wakil Kepala SMA Cikal Lebak Bulus yang juga merupakan IBDP Coordinator, mengungkapkan bahwa  di Sekolah Cikal persiapan dan pendampingan bagi para murid SMA untuk menuju universitas impian dan program studi yang menjadi minat utama para murid telah dimulai sejak kelas 7 SMP. 


Seperti apa penjelasan lengkapnya? Simak berikut ini! 



  1. Pengenalan Ragam Profesi Sejak SMP Melalui Cikal Career Chat

Sebagai sekolah berbasis kompetensi, Sekolah Cikal telah memulai pendampingan para murid untuk mencapai bidang yang menjadi minat dan bakatnya sejak SMP melalui Cikal Career Chat. Evy menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah sarana bagi para murid untuk mengenal variasi profesi dan bidang karir. 

“Program belajar SMP-SMA Cikal juga menjadi ruang bagi murid untuk menemukan bakat dan minatnya, mengembankannya, dan dijadikan arah karir masa depan termasuk di dalamnya pemilihan belajar di jenjang universitas. Sejak kelas 7, para murid sudah diikutsertakan pada kegiatan career chat, yang merupakan ajang kenal dan bincang profesi dari berbagai bidang. Para murid menghadiri sesi-sesi yang menjadi arah dan minatnya.” tuturnya. 

Baca Juga : Najelaa Shihab Jelaskan Cara Belajar di SMA Cikal




  1. Asesmen Minat dan Bakat Sejak Jenjang SMP Cikal


Anggi menjelaskan bahwa setelah meraih pengalaman mengikuti Cikal Career Chat, para murid SMP Cikal juga diikutsertakan asesmen pemetaan minat dan bakat yang bernama iStart Strong Test bagi murid kelas 9 SMP Cikal. Asesmen minat dan bakat murid dari jenjang SMP ini menjadi langkah awal bagi para murid SMP menuju jenjang SMA. 


“Murid-murid di kelas 9 diikutsertakan pada iStart Strong test dan Strong test di kelas 10  yang bertujuan melihat minat dan bakat murid secara mendalam. iStartStrong test bertujuan untuk menemukan minat anak di kelas 9 hasilnya berupa pengelompokan murid tersebut mempunyai kekuatan di area mana berdasarkan teori Holland. ” jelasnya mendetil. 

Perjalanan asesmen minat bakat para murid di SMP Cikal akan berlanjut ke asesmen pemetaan minat dan bakat selanjutnya yakni Strong Test di kelas 10 SMA Cikal.

“Pada Strong test yang dilakukan di kelas 10 harapannya akan memberikan hasil yang lebih terkait kemampuan murid disertai dengan rekomendasi beberapa profesi atau bidang yang cocok untuk setiap murid dan menjadi bahan diskusi dalam memilih jurusan di kuliah nanti.” tambahnya. 

Anggi menambahkan bahwa Strong Test bukanlah satu-satunya penentu murid memilih jurusan, Sekolah Cikal akan memberikan ruang dan tetap mengembalikan pilihan pada minat murid dan juga kesiapan orang tua. 

“(Dalam hal ini) hasil Strong test bukan satu-satunya penentu murid dalam memilih jurusan, hal ini akan dikembalikan lagi ke minat murid dan juga kesiapan orang tua.” ujarnya. 

Baca Juga : Memahami Gambaran Asesmen Akhir di SMA Cikal : Tujuan, Bentuk, dan Sistem Penilaiannya




  1. Kelas Personal and Social Education di Jenjang SMA Cikal

Selain adanya kegiatan Cikal Career Chat dan juga Strong Test jenjang SMP-SMA, SMA Cikal juga mendampingi proses murid untuk mencapai universitas impiannya dengan program yang sesuai minat dan bakatnya dengan menghadirkan kelas Personal and Social Education (PSE).

“Kelas PSE (Personal and Social Education) yang dihadirkan di kelas 10 SMA juga memiliki tema-tema belajar yang menyiapkan anak untuk universitas, menyiapkan portfolio, dan juga informasi-informasi beasiswa pendidikan bagi murid. Tim konselor membantu murid dalam membangun kesadaran dalam memilih mata pelajaran dan kemungkinan pilihan karir universitas, membantu murid dalam pengembangan tujuan, rencana dan visi mereka untuk masa depan.” ucap Evy. 

Baca Juga : SMA Cikal Terapkan Sistem Kredit dalam Pemilihan Program Seperti Kuliah!




  1. Konseling Berkala Murid dengan Academic Advisor 

Di SMA Cikal, para murid SMA kelas 11 dan 12, menurut Anggi, akan mendapatkan pendampingan dari tim konselor, kurikulum dan Academic Advisor yang akan memberikan dukungan pada setiap murid dalam masa pemilihan kampus dan program studi impiannya. 

“Tim Konselor, Tim Kurikulum dan Academic Advisor akan membantu murid memberikan pendampingan selama kelas 11 dan 12 untuk memilih kampus yang dapat mengakomodasi kebutuhan murid. Diskusi yang intense akan sering dilakukan antara orang tua, murid dan Konselor sekolah.” ujarnya. 

Tak hanya konseling berkala, para murid juga akan mendapatkan pelatihan keterampilan, baik itu personal statement, portofolio, profile, persiapan UTBK, dan beasiswa.

“Selain itu, para murid juga mendapatkan beberapa pelatihan keterampilan tambahan sebagai bekal yang cukup saat mendaftar ke universitas nanti. Sekolah Cikal bekerja sama dengan Siap Kuliah dalam memberikan beberapa pelatihan yang diperlukan. Contoh pelatihan yang yang diberikan adalah cara membuat personal statement, membangun portofolio, membangun profile, persiapan UTBK, dan persiapan beasiswa.” jelasnya. 

Baca Juga : Mengenal Kurikulum Utama dan Kurikulum Afiliasi di SMA Cikal




Kegiatan Pengenalan Kampus Berkala Bagi Para Murid SMA Cikal

SMA Cikal juga memberikan fasilitas untuk keikutsertaan para murid SMA di berbagai kegiatan pengenalan kampus, seperti University Fair, Guest Lecture dari universitas dalam dan luar negeri sebagai jalan untuk mengenalkan kampus dan jurusan, sistem belajar dan lainnya dari kampus impian para murid. 

“Murid SMA Cikal juga difasilitasi berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait universitas seperti contohnya kegiatan University Fair, Guest lecture dari universitas dalam dan luar negeri, kunjungan ke universitas dan lainnya sebagai rangkaian memberikan eksposure tentang sistem belajar, jurusan maupun prospek ke depannya dari setiap jurusan yang tersedia.” jelas Anggi.

Tak hanya kegiatan University Camp, SMA Cikal juga menghadirkan kegiatab Pre-University Camp sebagai sebuah program pelatihan bagi para murid SMA Cikal untuk melatih keterampilan dasar dan kemandirian yang akan diperlukan saat mereka di kuliah nanti. Contohnya, kemampuan mengatur keuangan, berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru. (*)

Baca Juga : Mengingat Masa Sekolah, Najelaa Shihab Cerita Tantangan Belajarnya dan Cara Atasinya!




LOKASI SMA CIKAL

  • Alamat SMA Cikal Amri Setu | IB DP dan Kurikulum Nasional 

Jl. Raya Setu No.3, RT. 02/RW. 05, Kel. Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13880

  • Alamat SMA Cikal Lebak Bulus | IB DP dan Kurikulum Nasional

Jl. Lebak Bulus I, RT. 006/RW.004, Kel. Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12430

  • Alamat SMA Cikal Serpong | Cambridge dan Kurikulum Nasional

Jl. Ciater, Kel. Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15310

  • Alamat SMA Cikal Surabaya | Kurikulum Nasional

Jl. Raya Lontar No. 103, Kel. Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60216 Surabaya




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Narasi Resmi ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  

    • Anggi Puspita Swardhani, Vice Principal Sekolah Cikal Amri Setu dan IBDP CO Cikal Amri Setu

    • Evy Verawati Tarida S, Vice Principal Sekolah Cikal Lebak Bulus, IBDP Co Sekolah Cikal Lebak Bulus

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED