5 Keunggulan Sekolah Cikal Surabaya, Sekolah Swasta Nasional Berbasis Kompetensi di Surabaya Barat

5 Keunggulan Sekolah Cikal Surabaya, Sekolah Swasta Nasional Berbasis Kompetensi di Surabaya Barat

Durasi Waktu Baca : 7 Menit


Surabaya, Sekolah Cikal. Menghadirkan pendidikan yang menerapkan pendekatan personalisasi bagi setiap anak termasuk anak berkebutuhan khusus dengan menyesuaikan minat, bakat, dan kebutuhannya di kota Surabaya menjadi salah satu langkah yang diterapkan oleh Sekolah Cikal Surabaya, sebagai salah satu titik kampus Sekolah Cikal di Indonesia. 


Berlokasi di Jalan Raya Lontar, Surabaya Barat, Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu sekolah swasta nasional berbasis kompetensi dan pendekatan personalisasi di Surabaya. Sekolah Cikal Surabaya juga menghadirkan jenjang pendidikan yang lengkap yakni dari Prasekolah, Taman Kanak-Kanak hingga jenjang SMA serta pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. 


Penasaran apa saja keunggulan dari Sekolah Cikal Surabaya dari sisi kurikulum, program, dan lain sebagainya? Simak selengkapnya di bawah ini, ya.


  1. Menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal 


Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu kampus Sekolah Cikal yang juga menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal (Cikal 5 Stars Competencies) sebagai ditujukan untuk mengembangkan setiap anak menjadi versi terbaik dari dirinya sebagai manusia dengan cakupan keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di masa depan sebagaimana yang dicita-citakan oleh Pendiri Cikal, Najelaa Shihab.


“Kompetensi 5 Bintang Cikal merupakan seperangkat kurikulum yang telah didefinisikan untuk mendampingi pengembangan diri murid mencakup keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di seluruh lini pendidikan di Cikal.” ucap Najelaa Shihab.  


  Di jenjang SD, Sekolah Cikal Surabaya juga telah terotorisasi oleh International Baccalaureate (IB) Primary Year Level (PYP) sebagai sebuah framework pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum Cikal, Kompetensi 5 Bintang Cikal untuk pengembangan kompetensi murid. Lalu, untuk jenjang SMP dan SMA Sekolah Cikal Surabaya menggunakan kurikulum nasional yang  berintegrasi dengan kurikulum Cikal. 


Baca juga : Sekolah Cikal Terapkan Pendidikan Berbasis Kompetensi dan Personalisasi, Lahirkan Pribadi Unggul dengan Keunikannya Hadapi Persaingan Masa Depan


  1. Menerapkan Pendekatan Personalisasi dalam Pembelajaran dan Asesmen

Sebagai Kepala Sekolah Cikal Surabaya, Hasto Pidekso menyebutkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya senantiasa mengapresiasi setiap keunikan para murid yang memiliki potensi yang beragam di jenjang TK-SMA. Oleh karena itu, setiap murid Cikal Surabaya dapat menikmati proses belajar dengan pendekatan personalisasi. 


“Sekolah Cikal Surabaya percaya bahwa setiap murid mempunyai potensi yang berbeda satu sama lain, sehingga sekolah dan guru harus mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut. Proses personalisasi dapat dilakukan secara materi, proses maupun produk asesmen yang dihasilkan murid. Dari potensi yang berbeda itulah, guru dapat merancang berbagai variasi pembelajaran dan asesmen sesuai kebutuhan di jenjang tersebut, maupun kebutuhan masing-masing murid.” ujarnya. 

Pendekatan personalisasi ini juga diterapkan ke jenjang Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya yang mendukung optimalisasi pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cikal Surabaya dengan adanya penyesuaian moda belajar (individual, kelas kecil, dan kelas besar), dan juga modifikasi kurikulum.

Personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya juga diterapkan dalam asesmen, personalisasi gaya seragam batik dan warna rambut anak dalam keseharian di sekolah sebagai langkah Sekolah Cikal Surabaya memaksimalkan personalisasi atas keragaman karakter dan minat anak. 

Baca juga : 5 Alasan Sekolah Inklusi Dibutuhkan oleh Anak Berkebutuhan Khusus


Untuk asesmen di Sekolah Cikal Surabaya, Hasto Pidekso menyebutkan bahwa berbagai bentuk asesmen pembelajaran dihadirkan agar dapat dipilih menyesuaikan minat serta mengoptimalkan potensi seluruh anak dari jenjang TK-SMA.

“Sekolah Cikal menerapkan berbagai ragam asesmen yang seru dan menarik seperti presentasi, membuat proyek, membuat laporan kunjungan belajar (field trip), melakukan wawancara dengan narasumber, melakukan observasi, melakukan eksperimen, membuat produk, dan lainnya. Semua jenis asesmen ini dibuat dan dapat dipilih oleh murid agar mereka dapat secara optimal mengeluarkan semua potensinya.”  jelasnya. 

Di Sekolah Cikal Surabaya, asesmen dibuat untuk melihat pengembangan diri murid, sehingga Cikal Surabaya tidak mengukur kemampuan anak dari angka-angka atau nilai, melainkan proses dan perkembangan dari pembelajaran murid sendiri. sehingga asesmen ini mengukur perkembangan belajar murid secara utuh. 

Baca juga :  Cerita Rasyid, Murid SMP Cikal Surabaya dan Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya, Dubbing Seri Animasi Anak “Chomp Squad”


  1. Membentuk Murid Memiliki Perspektif Global dengan Nilai-nilai Indonesia

Salah satu keunggulan lainnya di Sekolah Cikal Surabaya adalah menerapkan pembelajaran yang mengasah kemampuan berpikir murid-muridnya secara global, namun tetap dalam keseharian dan interaksi menanamkan nilai-nilai Budaya Indonesia. 

Menurut Hasto, dalam praktiknya seluruh pembelajaran akan selalu menerapkan cara Cikal yakni memberdayakan konteks agar cakupannya tak hanya dalam konteks yang kecil saja melainkan juga konteks masyarakat yang lebih besar.

“Dalam praktiknya, murid selalu diajak untuk melihat masalah langsung secara kontekstual. Dengan pengalaman pembelajaran yang bervariasi, murid selalu diajak untuk bisa mengaitkan masalah sehari-hari dengan situasi global saat ini. Salah satu contoh yang selalu kita lakukan adalah kegiatan Playground of Mataram, dimana murid diajak untuk mengeksplorasi berbagai sisi kebudayaan Mataram, dan bisa mengaitkan dengan situasi saat ini baik secara lokal maupun internasional.” jelas Hasto.

Baca juga : THE PLAYGROUND OF CIKAL : SEJARAH DAN MAKNA PLAYGROUND OF CIKAL


Di jenjang SMP-SMA, Enita Wardhana, Wakil Kepala Sekolah Cikal Surabaya, menjelaskan bahwa Cikal kerap membangun kolaborasi dan interaksi dengan berbagai pihak secara global, melalui pertukaran pelajar, bahkan mengikutsertakan murid SMP-SMA dalam kompetisi internasional, hal ini merupakan cara Sekolah Cikal Surabaya mempersiapkan para murid untuk siap hadapi masa depan.

“Proyeksi masa depan murid tentu dapat sedini mungkin dipersiapkan oleh sekolah Cikal Surabaya agar mampu bersaing di masa depan. Namun, kebutuhan murid untuk mampu berinteraksi secara global akan jauh lebih berkualitas ketika nilai-nilai budaya bangsa tidak ditinggalkan. Perwujudan ini dapat dilihat melalui kemampuan murid dalam berkomunikasi secara global dengan konteks kehidupan atau nilai budaya setempat. Terlebih lagi ketika murid berbangga atas nilai-nilai budaya dan berhasil membawanya ke ranah global dari berbagai sisi.” ungkap Wakil kepala Sekolah Cikal Surabaya ini.



  1. Memberikan Kesempatan Eksplorasi dan Pendampingan Minat hingga Karir Murid, Khususnya jenjang SMP-SMA 

Keunggulan lainnya yang membuat Sekolah Cikal Surabaya dikenal baik menjadi salah satu sekolah favorit di kota Surabaya adalah Sekolah Cikal Surabaya memberikan kesempatan eksplorasi dan juga pendampingan minat hingga karir murid khususnya di jenjang SMP-SMA. 

Enita Wardhana menyebutkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya memegang komitmen setiap anak adalah prioritas sehingga pendampingan murid SMP-SMA untuk eksplorasi minat hingga karir akan selalu didampingi secara optimal.

“Kami selalu berupaya untuk fokus dalam membersamai eksplorasi murid terhadap potensi dirinya dan karir masa depannya secara utuh. Sekolah Cikal Surabaya tidak hanya membekali murid dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan karirnya, namun kami juga memastikan kerjasama yang erat antara sekolah, orang tua serta murid dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat, sehingga murid mampu menjadi pribadi yang bahagia dan siap menjadi bagian dari masyarakat global yang bermanfaat.” jelasnya. 

Baca juga : Cerita Leandra, Pelajar Asal Mojokerto Lulusan SMP Cikal Surabaya, Raih Beasiswa Pendidikan di Amerika!


Di Sekolah Cikal Surabaya, terdapat Strong Assessment yang bekerja sama dengan The Myers Briggs company, Singapura yang ditujukan untuk pemetaan minat, bakat, dan karir dan juga kegiatan Career Exploration bersama para alumni Sekolah Cikal dan juga mengundang ahli.

“Murid di Sekolah Cikal jenjang SMP-SMA mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Strong Assesment bekerja sama dengan The Myers Briggs company, Singapura. Tes minat bakat ini tidak hanya berhenti pada pemetaan minat dan bakat, melainkan sebuah langkah keberlanjutan untuk memastikan kebutuhan murid tercapai.” ungkap Enita.

Setelah sesi Strong Asesment konselor Sekolah Cikal Surabaya pun dalam hal ini akan membangun percakapan dan dialog bersama orangtua dan murid langsung untuk embuatan lini masa bersama yang disepakati yang mencakup berbagai langkah persiapan seperti eksplorasi dan penentuan kampus tujuan, diskusi pemilihan jurusan serta pemenuhan dokumen yang bersifat administratif. 

5.  Sekolah Inklusi yang Ramah Anak, termasuk bagi Anak Berkebutuhan Khusus. 


Memprioritaskan anak sebagai pusat dari pendidikan, Sekolah Cikal Surabaya merupakan sekolah inklusi yang mengakomodasi pendidikan, pembelajaran dan pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus melalui Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya dari jenjang TK-SMA. 


“Sebagai satuan pendidikan yang menerapkan inklusivitas, anak-anak berkebutuhan khusus dapat terpenuhi kebutuhannya dengan mengikuti program-program dari Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya. Murid SMP-SMA yang memiliki kebutuhan belajar tertentu akan mendapatkan pendampingan intensif melalui program yang telah disepakatai oleh murid, orang tua dan guru saat Personalized Curiculum Circle Talk (sesi diskusi dan dialog pemetaan program, akomodasi belajar, dan modifikasi kurikulum ABK). 


Sekolah Cikal Surabaya dalam hal ini juga berkomitmen kuat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah untuk anak, lebih dari sekedar penyiapan instrumen sekolah ramah anak, sehingga setiap anak dapat merasakan lingkungan belajar, bertumbuh, berkembang, berkarya dan berkreasi dengan nyaman, aman, dan bermakna.(*)


Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)


Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal


I'M INTERESTED