Cerita Enzo, Murid SD Cikal Serpong, Raih Juara 2 Lomba O2SN Cabang Karate Tingkat Kecamatan!

Cerita Enzo, Murid SD Cikal Serpong, Raih Juara 2 Lomba O2SN Cabang Karate Tingkat Kecamatan!

Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Tangerang Selatan, Sekolah Cikal Serpong. Karate adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan fisik pada seluruh tubuh dan juga melatih emosi. Tetapi, bagi Ahmad Enzo Rajani, olahraga ini tidak hanya melatih fisik dan mental, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri dan disiplin.

Enzo, panggilan hangatnya, adalah murid kelas 5 SD Cikal Serpong yang menggeluti olahraga karate sebagai media pengembangan diri sejak berumur 4 tahun. Seiring waktu, Enzo pun mulai mengikuti sejumlah perlombaan karate, salah satunya lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)  tingkat Kecamatan pada Maret 2024. Pada kompetisi tersebut, Enzo berhasil meraih juara 2.


 (Enzo Ahmad Rajani, murid SD Kelas 5 Cikal Serpong, memilih karate sebagai media pengembangan diri. Dok. Cikal)

Ingin tahu kisah Enzo dalam perjalanannya menggeluti olahraga karate? Simak ceritanya berikut ini, yuk!

Baca Juga : Cerita Khayla, Murid SMP Cikal Serpong, Ikuti Kompetisi Gymnastic Tingkat Internasional Pertamanya!





Berlatih Karate, Enzo Melatih Kepercayaan Dirinya

Enzo, ditemani oleh Ibundanya, Risma, menceritakan awal mula Enzo mencoba olahraga Karate. Pada awalnya Enzo adalah anak yang kurang percaya diri, namun setelah melihat cara bertarung karate akhirnya Enzo memutuskan untuk bergabung.

“Saat melihat cara bertarung karate saat itu, aku jadi tertarik sekali untuk bergabung. Akhirnya, di umurku yang 4 tahun, aku bergabung dengan klub karate untuk menjadi lebih percaya diri.” ucapnya sedikit tersipu.

(Perjalanan sabuk Enzo dari sabuk kuning hingga ke sabuk hitam, bukti kegigihan dan ketekunan Enzo pada olahraga karate. Dok. Cikal)

Saat bergabung, Enzo tidak hanya mempelajari teknik dan jurus karate, tetapi ia juga belajar untuk mengontrol emosinya. Walau awalnya Enzo bingung dengan metode latihannya, tetapi Enzo pun tetap menjalaninya dengan tekun hingga ia mencapai sabuk hitam di kelas 5 SD. Enzo juga menambahkan selama berlatih karate, hal yang menurutnya paling sulit adalah ketika berlatih untuk mempersiapkan kenaikan sabuknya. 

“Bagiku hal yang paling sulit ketika berlatih karate adalah ketika mempersiapkan untuk tes kenaikan sabuk. Aku bersama teman-teman dojo berlatih intens seperti berlari di aspal, push up di batu-batu, dan juga belajar untuk tes tertulisnya. Ujiannya memakan waktu 2 hari.” ceritanya mengingat kembali hari-hari latihannya.

Baca Juga :  Cerita Hasya, Murid SMA Cikal Amri Setu, Raih Medali Perunggu Olimpiade Matematika Tingkat Nasional!





Giat Berlatih Karate, Enzo Raih Juara 2 di O2SN Se-Kecamatan

Risma, Ibunda Enzo, bahwa ketertarikan Enzo mengikuti lomba bermula dari keikutsertaannya di sebuah festival karate. Setelah mengikuti festival tersebut, Enzo pun semakin berani untuk menunjukkan kemampuannya di kejuaraan karate. 

Salah satu lomba yang pernah Enzo ikuti ialah National Karate Championship Banten Master Open-12023 yang diikuti oleh 300 karateka dari berbagai daerah, Enzo beserta timnya mendapatkan juara 1 Kata Beregu dan Enzo juga mendapatkan Best of The Best Kumite Liga Gabdika, Banten 2024.

(Enzo memberanikan diri untuk mengikuti lomba-lomba karate. Dok. Cikal)

Kali ini, Enzo mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga karate tingkat kecamatan. 

Pada awalnya, Enzo cukup gugup karena ia akan bertanding dengan atlet-atlet karate lainnya, namun dukungan dari Ibu dan para guru membuatnya percaya diri dan bahkan meraih prestasi, yakni Juara 2 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 cabang Karate tingkat kecamatan.

“Awalnya aku nervous melihat peserta-peserta yang ada, tetapi setelah bertanding, aku semakin percaya diri untuk bertanding. Saat bertanding, aku hanya fokus dengan kemampuanku dan juga dengan apa yang ada di depanku karena aku ingin sekali memenangkan kejuaraan ini! ” cerita Enzo.

Baca Juga : Cerita Dafa, Alumnus Cikal Amri Setu, Pendiri dan CEO LinoTani Perusahaan Produsen Sayur-Sayuran Ramah Lingkungan




Enzo Bermimpi Ikuti Kompetisi Karate Internasional

Enzo menceritakan bahwa karate membentuk pribadinya menjadi lebih disiplin, berani, dan juga dapat mengontrol emosinya lebih baik.

“Latihan karate membantuku untuk menjadi disiplin dengan waktu dan juga kegiatanku, karena latihan karate memakan banyak waktu aku harus pintar mengatur kegiatanku.” ujar Enzo.

Ke depannya, Enzo mengungkapkan bahwa ia ingin mengikuti perlombaan karate yang bertaraf internasional untuk mengukur sejauh mana kemampuannya dan juga memenangkannya.

“Saat ini, salah satu impianku di karate ini adalah mengikuti lomba yang bertaraf internasional.” tutup Enzo(*).

Baca Juga : Cerita Keanu, Murid SD Cikal Serpong, Peraih Medali Perak Kompetisi Sains Internasional




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Enzo Ahmad Rajani, Murid SD Kelas 5 Cikal Serpong, peraih juara 2 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang karate tingkat Kecamatan

    • Ibu Risma, Ibunda Enzo

  • Editor : Salsabila Fitriana

  • Penulis : Nadhira Azka

I'M INTERESTED