Gambaran Tahapan Observasi dan Wawancara Murid Berkebutuhan Khusus di Pendidikan Inklusi Cikal

Gambaran Tahapan Observasi dan Wawancara ABK di Pendidikan Inklusi Cikal

Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Jakarta, Pendidikan Inklusi Cikal. Sebagai lini inklusi di Sekolah Cikal, Pendidikan Inklusi Cikal memiliki para pendidik ahli berkebutuhan khusus yang secara berkala mendampingi tahapan observasi dan wawancara murid dengan kebutuhan khusus dan juga para orang tua murid yang mendampingi di dalam rangkaian pendaftaran. 


Debby Ashari, Program Leader Pendidikan Inklusi Cikal dan juga Special Education Teacher di Pendidikan Inklusi Cikal, menjelaskan bahwa kunci utama dari tahapan observasi dan wawancara di dalam rangkaian pendaftaran adalah keterbukaan, kolaborasi dan kerja sama baik antara Sekolah Cikal dan juga orang tua murid terkait kondisi anak dan harapan yang ingin dicapai dalam pengembangan diri anak.


(Pendidikan Inklusi Cikal memiliki para pendidik ahli berkebutuhan khusus yang secara berkala mendampingi tahapan observasi dan wawancara murid. Dok. Pendidikan Inklusi Cikal)


Seperti apa penjelasan lengkapnya? Simak berikut ini!




Tahapan Observasi Murid dengan Berkebutuhan Khusus   


Debby menjelaskan bahwa tahapan observasi menjadi salah satu tahapan penting dalam mengetahui fase pengembangan diri murid dengan kebutuhan khusus untuk dapat mendapatkan pilihan program dan dukungan belajar di Sekolah Cikal dan Pendidikan Inklusi Cikal. 

Ia menuturkan bahwa Cikal memulai langkah kerja sama dengan orang tua sejak tahapan observasi belajar di rangkaian asesmen pendaftaran di Sekolah Cikal.

“Tahapan observasi di Pendidikan Inklusi Cikal berlangsung di sekolah atau datang ke sekolah. Tahapan observasi ini tentunya kami sebagai pendidik bekerja sama sama orang tua. Kami mengarahkan orang tua biasanya untuk memberikan brief kepada anak akan aktivitas ini, lalu, kami juga menyampaikan apa yang kami butuhkan dan instruksikan sebelum hari observasi ke orang tua.” jelasnya. 

Dalam penerapannya, aktivitas yang dihadirkan akan beragam disesuaikan dengan acuan dua laporan penting yang diterima oleh Cikal dari orang tua murid terkait pengembangan diri anak berkebutuhan khusus saat pendaftaran. Di dalam observasi, para pendidik tentu akan melihat pengembangan diri murid untuk menunjang pemahaman para guru akan kebutuhan anak di Pendidikan Inklusi Cikal.

“Dalam observasi itu, kami melihat bagaimana sikap belajar, kemampuan anak dengan kebutuhan khusus dalam komunikasi, kemampuan dalam sosialisasi, dan kemampuan motoriknya. Dari sisi waktunya, kami tidak membuatnya terlalu panjang. Kami mengamati sesuai poin-poin penunjang yang kami butuhkan untuk memahami pengembangan diri anak.” tambahnya

Baca Juga : Ketahui Dua Laporan yang Wajib dan Penting Disiapkan Saat Daftar di Pendidikan Inklusi Cikal dan Alasannya!




Tahapan Wawancara dengan Orang Tua Murid ABK

Tahap wawancara juga menjadi salah satu tahapan yang dihadirkan untuk mengoptimalkan akomodasi belajar, dan modifikasi kurikulum yang akan diperoleh untuk anak dengan kebutuhan khusus di Sekolah Cikal dan Pendidikan Inklusi Cikal.

“Setelah observasi, pasti ada wawancara orang tua juga dalam rangkaian pendaftaran di Sekolah Cikal bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Kami sebagai pendidik tentu berdialog dengan para orang tua untuk memahami kemampuan diri anak, menyamakan visi dan misi antara sekolah dan orang tua, serta harapan atau tujuan akhir bagi proses belajar anak.” jelasnya. 

Debby menekankan bahwa dalam proses wawancara, Cikal berupaya untuk memberikan pemahaman secara utuh akan fase pengembangan dari diri anak dan cara memenuhi kebutuhan belajarnya. 

“Kami berusaha untuk membangun komunikasi dan pemahaman pada orang tua akan ekspektasi yang mengarah pada kompetensi diri anak. Kami memberikan penjelasan mengenai kebutuhan sang anak setelah dari rangkaian observasi, baik itu programnya, tujuannya, dan tantangannya. Kami berikan alasannya kenapa seringkali bertahap dan menjelaskan proses apa saja yang akan dilalui dalam proses belajar anak, dengan tujuan  masing-masing anak dengan kebutuhan khususnya bisa berkembang dengan optimal.” ujarnya.

Di akhir penjelasan, Debby menuturkan bahwa penting sekali bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus memahami bahwa konsistensi dalam proses yang perlahan-lahan itu adalah bagian dari rangkaian 

“Kami di Pendidikan Inklusi Cikal selalu berharap setiap anak dengan kebutuhan khususnya akan terus berkembang.  Tetapi tentu kita perlu melihat konsistensinya dan meyakini bahwa sedikit demi sedikit arahan dan dukungan (Scaffolding) bagi anak akan mengoptimalkan pengembangan dirinya. Sekecil apapun itu pengembangannya, kami di Cikal selalu mengapresiasinya.” imbuhnya dengan ramah.(*)

Baca Juga : Memahami Lebih Dalam Sekolah Inklusi dan Kelebihannya!




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Debby Ashari, Program Leader Pendidikan Inklusi Cikal dan juga Special Education Teacher di Pendidikan Inklusi Cikal.

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana


I'M INTERESTED