Memahami Gambaran Asesmen Akhir di SMA Cikal : Tujuan, Bentuk, dan Sistem Penilaiannya

Memahami Gambaran Asesmen Akhir di SMA Cikal : Tujuan, Bentuk, dan Sistem Penilaiannya

Durasi Waktu Baca : 4 Menit



Jakarta, Sekolah Cikal. Sebagai sekolah yang tidak menerapkan sistem penilaian angka dan ujian berbentuk hafalan, Sekolah Cikal menerapkan dua tujuan asesmen yang diterapkan dalam pembelajaran di sekolah bagi para murid, termasuk bagi murid SMA Cikal, yakni Assesment for Learning dan Assesment of Learning.


Untuk memahami lebih lengkapnya, mari kita simak secara berkala bersama penjelasan Anggi Puspita Swardhani, Wakil Kepala SMA Cikal Amri Setu, Jakarta Timur. Selengkapnya simak di bawah ini, ya! 



Dua Tujuan Asesmen Akhir di SMA Cikal


Sebagai sekolah yang tidak menerapkan sistem penilaian angka dan ujian berbentuk hafalan, Sekolah Cikal, Anggi menyebutkan SMA Cikal menerapkan dua tujuan asesmen secara umum yang diterapkan dalam pembelajaran, termasuk bagi murid SMA Cikal, yakni Assesment for Learning dan Assesment of Learning. Apa itu perbedaannya? Simak di bawah ini.

  • Assessment of Learning 

Assesment of Learning merupakan bentuk asesmen yang ditujukan untuk mengukur pencapaian murid di akhir periode pembelajaran.

  • Assessment for Learning

Asessment for Learning merupakan bentuk asesmen yang ditujukan untuk  menjadi modal atau referensi para pendidik dalam membuat perencanaan awal periode pembelajaran berdasarkan kemampuan dan kebutuhan murid dan juga selama masa pembelajaran berlangsung untuk melihat progress sampai sejauh mana murid memahami dan menguasai materi atau keterampilan yang perlu dicapai (assessment as learning). Setiap kegiatan yang dilakukan di kelas seperti diskusi, presentasi, atau aktivitas lain merupakan salah satu bentuk asesmen yang bertujuan melihat progress murid.

Baca Juga : Mengenal Kurikulum Utama dan Kurikulum Afiliasi di SMA Cikal




Bentuk Asesmen Akhir Murid SMA Cikal

Sekolah Cikal, menurut Anggi, mengkombinasikan bentuk asesmen yang berbeda dari mulai tes tertulis, pembuatan karya tulis, essai, proyek mandiri maupun kelompok, presentasi, ataupun pameran karya (exhibition). Pada beberapa jenjang tertentu, pameran karya atau exhibition juga merupakan asesmen otentik yang menjadi syarat utama kelulusan.

“Misalnya pada jenjang Diploma kelas 11 atau 12, para murid yang mengambil program CAS, Theory of Knowledge, dan Arts wajib melakukan pameran karya yang merupakan syarat kelulusan dari program tersebut. Di beberapa program lain, pameran karya adalah bentuk selebrasi hasil pembelajaran, di mana murid dengan bangganya menunjukkan dan mempresentasikan bentuk karya nyata mereka kepada audiens.” ujarnya. 

Baca juga : SMA Cikal Terapkan Sistem Kredit dalam Pemilihan Program Seperti Kuliah!




Penilaian Asesmen Akhir Murid SMA Cikal

Seringkali pertanyaan publik berputar di pertanyaan yang sama, bagaimana cara mengukur pencapaian murid Sekolah Cikal, khususnya SMA Cikal melalui asesmen? 

Anggi menjelaskan bahwa setiap pendidik di Cikal, apalagi di jenjang SMA memiliki rubrik penilaian. Di dalam rubrik tersebut, syarat kelulusan mata pelajaran atau program dilihat syarat minimum peniliaian kualitas produk atau karya yang dibuat murid. Sekolah Cikal menggunakan skala/tingkat pencapaian (level of achievement) dengan deskripsi yang unik untuk setiap tingkatannya.

“Setiap asesmen otentik yang dibuat guru dilengkapi dengan rubrik penilaian. Saat memberikan asesmen,murid telah diberikan informasi tentang ekspektasi terhadap karya yang harus dibuat. Sehingga murid dapat menentukan target yang akan dicapainya untuk asesmen tersebut. Tingkatan penilaian yang digunakan Cikal Ada 5 tingkatan yang digunakan yaitu Awal berkembang (Starting Up), Mulai Berkembang (Beginning), Berkembang (Developing), Mahir (Expanding), dan Sangat mahir (Bridging Over),  Murid dikatakan telah berhasil memenuhi syarat kelulusan pada program tertentu jika berhasil mencapai tingkat berkembang (Developing).”imbuhnya.(*)

Baca Juga : Simak Inspirasi Najelaa Shihab Mendirikan Sekolah Cikal di Usia Muda




LOKASI SMA CIKAL

  • Alamat SMA Cikal Amri Setu 

Jl. Raya Setu No.3, RT. 02/RW. 05, Kel. Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13880

  • Alamat SMA Cikal Lebak Bulus 

Jl. Lebak Bulus I, RT. 006/RW.004, Kel. Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12430

  • Alamat SMA Cikal Serpong

Jl. Ciater, Kel. Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15310

  • Alamat SMA Cikal Surabaya 

Jl. Raya Lontar No. 103, Kel. Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60216 Surabaya




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Narasi Resmi ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  Anggi Puspita Swardhani, Vice Principal Sekolah Cikal Amri Setu dan IBDP CO Cikal Amri Setu

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana



I'M INTERESTED