Mengenal Lebih Dalam 4 Kompetensi dan Keunggulan Pendidik SMA Cikal

Mengenal Lebih Dalam 4 Kompetensi dan Keunggulan Pendidik SMA Cikal

Durasi Waktu Baca : 3 Menit 




Sekolah Cikal.Kompetensi pendidik adalah satu dari banyak aspek yang memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas belajar-mengajar di sebuah instansi pendidikan. Dengan kompetensi yang memadai dari para pendidik, proses belajar-mengajar serta pengembangan diri murid di berbagai jenjang pendidikan termasuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) akan semakin optimal.  


Anggi Puspita Swardhani, Wakil Kepala SMA Cikal Amri Setu dan IBDP Coordinator, dan Evy Verawaty, Wakil Kepala SMA Cikal Lebak Bulus yang juga merupakan IBDP Coordinator, mengungkapkan bahwa di SMA Cikal, para pendidik yang mengampu program belajar-mengajar serta pendampingan bagi murid-murid telah melalui serangkaian asesmen, pelatihan, dan bahkan sertifikasi yang menunjukkan kompetensi yang baik untuk menjadi pendidik yang sejalan dengan visi-misi Cikal. 


Apa saja gambaran kompetensi yang dimiliki oleh pendidik di SMA Cikal? Selengkapnya simak berikut ini!



Pendidik SMA Cikal Milliki Pengalaman dan Spesialisasi di Bidangnya


Anggi menyebutkan bahwa pendidik SMA Cikal secara umum dan khususnya yang mengampu program International Baccalaureate Diploma Programme merupakan pendidik yang memiliki spesialisasi di bidangnya.


“Guru-guru SMA Cikal adalah guru-guru yang mempunyai pengalaman spesialis di bidangnya. Sebagian besar guru-guru DP di Sekolah Cikal mempunyai pengalaman mengajar IBDP lebih dari 3 tahun dan sudah menjalani training atau pelatihan dari IB sehingga guru-guru DP sudah mempunyai sertifikat pengajar IBDP. Selain itu adapun guru baru yang mengajar IBDP adalah mereka yang mempunyai kompetensi spesialis di bidang yang diampu dan sesuai dengan stardard Sekolah Cikal.” jelasnya. 


Baca Juga : 4 Cara SMA Cikal Dampingi Murid Masuk Universitas Impian




Pendidik SMA Cikal Pahami Pedagogi Kelompok Murid Fase Dewasa Akhir 


Evy menambahkan bahwa seluruh pendidik di SMA Cikal telah melalui proses orientasi pengetahuan tentang sistem sekolah, framework, hingga memahami dengan baik pedagogi murid kelompok dewasa akhir yakni usia 15-18 tahun. 


“Para pendidik atau guru yang bergabung di SMA Cikal telah melewati proses orientasi, meliputi pengetahuan tentang sistem sekolah, informasi tentang framework IB/Cambridge, pedagogi murid kelompok umur dewasa akhir (15-18 tahun), program belajar yang diselenggarakan, serta bentuk asesmen dan penilaian akhir, terutama bagi yang menerapkan penilaian eksternal standar internasional seperti IB dan Cambridge.” jelasnya.

Baca Juga : Memahami Gambaran Asesmen Akhir di SMA Cikal : Tujuan, Bentuk, dan Sistem Penilaiannya




Pendidik SMA Cikal Rutin Ikuti Pelatihan Nasional-Internasional


Seluruh pendidik di SMA Cikal, menurut Anggi sebagai IBDP Coordinator SMA Cikal Amri Setu, dalam praktiknya selalu mengikuti pelatihan rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi. 


“Guru-guru SMA Cikal selalu mengikuti training yang diselenggarakan IB untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mereka, dan pelatihan internal di sekolah dengan tema yang berkaitan dengan pengajaran ataupun IBDP secara spesifik.” jelasnya. 


Ia juga menambahkan bahwa pendidik di SMA Cikal juga telah tergabung dalam komunitas jaringan guru nasional dan internasional, serta mendapatkan akses ke website resmi IB dan Cambridge.


“Para guru SMA Cikal sudah masuk ke dalam jaringan guru-guru IBDP baik global (Internasional) maupun regional (nasional). Hal ini bertujuan agar para guru mendapatkan wadah yang sesuai dalam berdiskusi terkait dengan subject mereka atau DP secara umum. Para guru yang mengajar program DP dan Cambridge mendapatkan akses ke website resmi IB dan Cambridge sehingga mendapatkan informasi terbaru terkait IB dan Cambridge. “ tambahnya. 


Baca Juga : SMA Cikal Terapkan Sistem Kredit dalam Pemilihan Program Seperti Kuliah!




Konselor SMA Cikal Berkolaborasi dengan Kedutaan Besar 


Bagi pendidik yang memegang peran sebagai Academic Advisor dan atau Konselor di SMA Cikal dalam hal ini telah membangun hubungan baik dan memiliki akses atau jaringan informasi terkait berbagai beasiswa luar negeri dengan kedutaan besar internasional. 


Anggi menyebutkan bahwa kedutaan besar secara berkala menginformasikan kepada konselor terkait pendaftaran universitas dan beasiswa secara berkala. 


“Konselor di SMA Cikal memiliki akses ke kedutaan-kedutaan Negara asing yang ada di Indonesia serta tergabung dalam jaringan The Network of Indonesian School Counselors (NISC). Hal ini bertujuan agar Konselor mendapatkan informasi terbaru tentang pendaftaran universitas di negara-negara tertentu dan juga mendapatkan wadah untuk berdiskusi dengan konselor seluruh Indonesia.” jelasnya. 


Dengan kompetensi yang telah dijelaskan di atas, SMA Cikal di seluruh lokasi memiliki kualitas pendidik yang mumpuni dan sejalan dengan visi-misi Cikal sebagai komunitas pelajar sepanjang hayat yang berkomitmen untuk mendampingi para murid yang berada di fase dewasa akhir menjadi versi terbaik diri mereka dan meraih program studi serta kampus impian mereka.(*)


Baca Juga : Mengenal Kurikulum Utama dan Kurikulum Afiliasi di SMA Cikal




LOKASI SMA CIKAL

  • Alamat SMA Cikal Amri Setu | IB DP dan Kurikulum Nasional 

Jl. Raya Setu No.3, RT. 02/RW. 05, Kel. Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13880

  • Alamat SMA Cikal Lebak Bulus | IB DP dan Kurikulum Nasional

Jl. Lebak Bulus I, RT. 006/RW.004, Kel. Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12430

  • Alamat SMA Cikal Serpong | Cambridge dan Kurikulum Nasional

Jl. Ciater, Kel. Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15310

  • Alamat SMA Cikal Surabaya | Kurikulum Nasional

Jl. Raya Lontar No. 103, Kel. Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60216 Surabaya




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Narasi Resmi ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  

    • Anggi Puspita Swardhani, Vice Principal Sekolah Cikal Amri Setu dan IBDP CO Cikal Amri Setu

    • Evy Verawati Tarida S, Vice Principal Sekolah Cikal Lebak Bulus, IBDP Co Sekolah Cikal Lebak Bulus

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED