Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya Asah Kemampuan Motorik ABK dengan Olahraga Renang

Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya Asah Kemampuan Motorik ABK dengan Olahraga Renang

Durasi Waktu Baca : 2 Menit


Surabaya, Pendidikan Inklusi Cikal. Sebagai sekolah inklusi di Surabaya Barat, Sekolah Cikal Surabaya melalui lini pendidikan inklusi mengadakan kegiatan berenang secara rutin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus di jenjang TK, SD, hingga SMA agar kemampuan motoriknya dapat berkembang secara optimal.


Apa tujuan sebenarnya dan bagaimana detail dari kegiatan renang bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cikal Surabaya? Simak informasinya berikut!


Renang, Kegiatan Program Motor Functional PIC Surabaya


Diyan Wahyuni, Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya Koordinator, mengungkapkan bahwa kegiatan berenang bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu kegiatan rutin yang dijalankan dalam program Motor Functional, program di Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya yang ditujukan untuk mengasah dan mengoptimalkan kemampuan motorik anak-anak dengan kebutuhan khusus. 


Ia juga menambahkan bahwa kegiatan renang ini pula diterapkan dengan adanya akomodasi belajar yakni dengan kelompok belajar lebih kecil. 


“Kegiatan berenang merupakan salah satu kegiatan rutin di Program Motor Functional di Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya. Kegiatan ini sudah rutin dilakukan sejak tahun ajaran 2023/2024 lalu. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan di tahun ajaran 2024/2025 dengan komposisi kelompok belajar yang lebih besar atau kelompok yang lebih kecil (small group).” ujarnya.


Baca Juga : Cara Sekolah Cikal Dampingi Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif Optimalkan Potensinya


Manfaat Renang terhadap Pengembangan Diri ABK


Dian juga menjelaskan bahwa kegiatan berenang yang diterapkan dalam program Motor Functional  memiliki beragam manfaat, dari sisi fisik hingga emosional, antara lain mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus hingga memberikan relaksasi emosiona, membangun kepercayaan diri anak dengan kebutuhan khusus, hingga meningkatkan fokus.


“Berenang membantu anak berkebutuhan khusus mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus. Gerakan di air melatih koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan otot, sambil meningkatkan kemampuan sensorik melalui sentuhan dan tekanan air. Selain manfaat fisik, berenang memberikan relaksasi emosional, membangun kepercayaan diri, mendorong interaksi sosial, meningkatkan fokus, serta memberikan rasa pencapaian melalui permainan atau latihan terstruktur.” ungkapnya. 


Berikut adalah gambaran singkat tujuan akhir kegiatan berenang di Program Motor Functional Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya:


Jenjang Pendidikan

Tujuan

Reception dan Lower Primary 

Memperkenalkan aktivitas di air, memupuk rasa percaya diri, melatih motorik kasar dan halus serta mendorong interaksi sosial dalam kegiatan di kelompok belajar kecil.

Upper Primary, Middle School, Highschool

Meningkatkan fokus dan kemampuan mereka secara terstruktur.




Kenali lebih dalam pembelajaran di Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus melalui Cikal Support Center 0811 1051 1178 (*)


Baca Juga : Parent-Teacher Bonding, Cara Sekolah Cikal Pererat Hubungan antara Guru dan Orang Tua


Informasi Cikal Support Center

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs 


Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Diyan Wahyuni, Koordinator Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED