Peran PAUD Rumah Main Cikal dalam Pendampingan dan Optimalisasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Peran PAUD Rumah Main Cikal dalam Pendampingan dan Optimalisasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Durasi Waktu Baca : 4 Menit



Surabaya, Rumah Main Cikal. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan lini pendidikan yang diperuntukkan untuk anak-anak usia dini sejak lahir hingga usia 8 tahun berdasarkan UU Pasal 28 Sidiknas No.20/2003. Dalam pendidikan anak usia dini, para guru akan menghadirkan aktivitas atau kegiatan stimulasi dan pengembangan karakter anak yang akan mendorong anak untuk mengenali dirinya dan mempersiapkan pendidikan dasar. 


Sebagai pendidik Rumah Main Cikal Surabaya, jenjang PAUD di sekolah swasta Cikal di Surabaya, Kanaya Bella Safitri mengungkapkan bahwa merujuk pada masa emas anak-anak usia dini di lima tahun pertama, kehadiran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), misalnya saja Rumah Main Cikal di beberapa kota menjadi salah satu sarana pendamping untuk membantu dan mendampingi pertumbuhkan dan perkembangan anak pada seluruh aspek kepribadian anak.


Peran PAUD Secara Umum, Memfasilitasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini


Kanaya menyebutkan bahwa keberadaan PAUD diperuntukkan secara khusus untuk anak-anak di lima tahun pertama untuk optimalisasi potensinya dan seluruh aspek kepribadian anak, baik itu kognitif, bahasa, sosial, emosional, dan juga fisik.


“Berdasarkan yang telah kita bicarakan tadi bahwa 5 tahun usia anak adalah masa emas untuk perkembangan anak baik kognitif, emosional, atau spiritual mereka. Maka dalam masa-masa tersebut perlu perhatian khusus dan treatment khusus untuk dapat memaksimalkan potensi anak. Lingkungan dan pola asuh menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan perkembangan emosional anak. PAUD membantu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak dan berfokus pada seluruh aspek kepribadian anak. Mulai dari aspek kognitif, bahasa, sosial, emosional, dan fisik dan tentunya di dampingi dengan guru-guru yang memang sudah memiliki dasar pendidikan tentang pendidikan anak-anak.” jelas Kanaya dengan ramah.


Baca juga : Orang Tua, Inilah Pentingnya Memahami Perkembangan Emosi Anak Usia Dini, Faktor yang Mempengaruhinya, dan Fase Tumbuh Kembangnya




Cara Rumah Main Cikal Kenalkan dan Dampingi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini 


Sebagai salah satu PAUD yang terkenal dengan Play-basedLearningnya dan juga penerapan kurikulum Cikal, Kompetensi 5 Bintang Cikal, Rumah Main Cikal memiliki elektabilitas yang baik dalam hal pendampingan anak-anak usia dini secara personalisasi. 


Kanaya, yang merupakan pendidik Rumah Main Cikal Surabaya, menyebutkan bahwa di lini anak usia dini Rumah Main Cikal, penerapan kurikulum Cikal yang tujuannya adalah Kompetensi 5 Bintang Cikal sudah mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi masa depan dengan kematangan emosi yang baik. 


“Di Cikal, kami menggunakan kurikulum, Kompetensi Bintang 5 Cikal (Five Stars Competencies) dengan pendekatan personalisasi dan  berbasis kompetensi. Kurikulum Cikal ini ditujukan untuk mempersiapkan anak-anak yang termasuk anak-anak di usia dini untuk menghadapi masa depan, dan bukan hanya sekedar di sekolah saja atau sebuah materi saja. Cakupannya itu adalah bagaimana cara menjalankan kehidupan sehari-hari dengan menjadi individu yang berguna bagi setiap insan manusia dan dunia. Bagaimana cara menjadi individu yang berwawasan luas, berpikiran terbuka, dan juga bagaimana cara menjadi pemikir efektif dan terlatih di masa depan nanti.” jelas Kanaya.


Selain itu, Rumah Main Cikal juga berupaya berkolaborasi dengan orang tua untuk membangun dialog berkala akan perkembangan emosi anaknya di rumah. 


Three Way Conference merupakan sebuah dialog tiga arah, bersama anak, orang tua dan juga guru yang dilakukan pada setiap tiga bulan sekali (1 term sekali) para orang tua, anak usia dini dan guru dapat membahas perkembangan anak, mengukur dan mengenal kebutuhan apa yang tepat untuk murid agar tepat sasaran, termasuk terkait emosinya. kami sebagai guru juga rutin berdiskusi tentang perkembangan anak bersama para orang tua mengenai kebiasaan murid termasuk perkembangan emosi anak baik itu di sekolah maupun di rumah.” tukasnya.(*)


Baca juga : Separation Anxiety Pada Anak Usia Dini Saat Mulai Memasuki Jenjang Prasekolah. Apa Penyebabnya Sebenarnya?




Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal bagi Pendidikan Anak Usia Dini melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Kanaya Bella Safitri, Pendidik Rumah Main Cikal Surabaya.

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED