Sekolah Cikal Miliki 5 Program Bahasa Asing dari Korea hingga Jerman!

Estimated reading time: 2 minutes, 33 seconds.


Jakarta, Sekolah Cikal.Menghadirkan program belajar bahasa asing di sekolah dapat mengasah kemampuan dan kecerdasan bahasa murid, serta membuka peluang memahami berbagai budaya. 


Sebagai sekolah yang menghadirkan program-program yang dapat dipilih secara personalisasi sesuai minat, bakat dan kebutuhan belajar, dan merupakan sekolah bilingual (menggunakan dua bahasa baik bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam keseharian dan pembelajaran), Sekolah Cikal ternyata juga menghadirkan berbagai program bahasa asing yang dapat dipilih oleh para murid.  Program bahasa asing apa sajakah itu?



  • Pertama, Program Bahasa Jepang 


Program Bahasa Jepang merupakan program pilihan (elective) yang dapat dipilih oleh murid-murid di jenjang SMP (Kelas 9) dan SMA dengan durasi 6 bulan di Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Cikal Serpong, Sekolah Cikal Lebak Bulus, dan Sekolah Cikal Surabaya. 


  • Kedua, Program Bahasa Jerman 


Program Bahasa Jerman merupakan program pilihan (elective) yang dapat dipilih oleh murid-murid di jenjang SMP (Kelas 9) dan SMA dengan durasi dari program ini 6 bulan di Sekolah Cikal Amri Setu dan Sekolah Cikal Serpong.


  • Ketiga, Program Bahasa Korea 


Program Bahasa Korea merupakan program pilihan (elective) yang dapat dipilih oleh murid-murid di jenjang SMP (kelas 9) dan SMA di Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Cikal Lebak Bulus dan Sekolah Cikal Serpong dengan durasi 6 bulan. 


  • Keempat, Program Bahasa Mandarin 


Program Bahasa Mandarin merupakan program pilihan (elective) yang dapat dipilih oleh murid-murid di jenjang SMP (Kelas 9) dan SMA dengan durasi 6 bulan di Sekolah Cikal Serpong, Sekolah Cikal Lebak Bulus, dan Sekolah Cikal Surabaya. 



  • Kelima, Program Bahasa Arab 


Program Bahasa Arab merupakan program pilihan (elective) yang dapat dipilih oleh murid-murid di jenjang SMP (Kelas 9) dan SMA dengan durasi 6 bulan di Sekolah Cikal Amri Setu. 


Baca juga : Pendidikan Inklusi Cikal Hadirkan Program Magang Content Writer Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Program Bahasa di Sekolah Cikal, Ruang Murid Belajar Keragaman Sudut Pandang 


Sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Cinta Keluarga dan juga pendiri Cikal, Najelaa Shihab, menyatakan bahwa di Sekolah Cikal, proses belajar mengajar yang diterapkan dengan menghadirkan variasi program bahasa asing merupakan langkah Cikal untuk memberikan hak bagi murid untuk mengembangkan kemampuan memahami berbagai perspektif dalam kebudayaan yang berbeda. 


“Cikal menerapkan proses belajar mengajar secara bilingual dengan tujuannya agar anak-anak menjadi mahir dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Namun, sebenarnya pilihan pelajaran bahasa di Cikal itu banyak sekali, dan bukan hanya 2 bahasa itu. Setiap murid memiliki hak untuk dapat memilih program bahasa lain. Mengapa? karena kita, sebagai pendidik, percaya belajar bahasa itu berarti belajar perspektif, belajar tentang keragaman sudut pandang dan membantu menumbuhkan kognisi, sosial emosional, dan sebagainya.” ucap Najelaa dalam video 22 Pertanyaan tentang Cikal. 


Dikenal sebagai sekolah inklusi, anak-anak berkebutuhan khusus juga diberikan kesempatan yang sama untuk memilih program tersebut, khususnya bagi murid yang sudah berada di jenjang SMP dan SMA. Tentunya dengan pendampingan yang tepat baik modifikasi kurikulum dan akomodasi belajar. (*)


Baca juga : Orang tua, Ternyata Penilaian Capaian Anak Berkebutuhan Khusus di Tingkat TK Sekolah Inklusi Seperti Ini!




Tanyakan program dan pendaftaran Sekolah Cikal sebagai sekolah berbasis kompetensi dan personalisasi pertama di Indonesia melalui : bit.ly/bukutamucikal




Artikel ini diproduksi oleh Tim Digital Cikal

Editor : Layla Ali Umar dan Stephani Tara Hestiningtyas

Penulis : Salsabila Fitriana 

I'M INTERESTED