68 Murid Sekolah Cikal Surabaya Raih 207 Medali di World Scholars Cup Regional Round 2024

68 Murid Sekolah Cikal Surabaya Raih 207 Medali di World Scholars Cup Regional Round 2024

Durasi Waktu Baca : 3 Menit 



Jakarta, Sekolah Cikal Surabaya. 68 murid Sekolah Cikal Surabaya meraih pengalaman dan prestasi terbaiknya di ajang World Scholars Cup (WSC) Regional Round 2024 yang digelar pada Juni 2024 di Jakarta. World Scholars Cup sendiri merupakan turnamen akademik pelajar dunia yang digelar tahunan dan selalu diikuti oleh murid-murid Sekolah CikalSurabaya. 


Dalam World Scholars Cup Regional Round 2024 ini, 68 delegasi Cikal Surabaya yang terdiri atas 23 murid SD, 35 murid SMP Cikal, dan 10 murid SMA Cikal berhasil menampilkan potensi terbaiknya dalam berbagai bidang kategori turnamen akademik dan meraih total 207 medali (89 Medali Emas, 114 Medali Perak dan 4  trophy). 


(68 delegasi Cikal Surabaya meraih pengalaman dan prestasi terbaiknya di ajang World Scholars Cup (WSC) Regional Round 2024. Dok. Cikal)


Seperti apa gambaran pengalaman 68 murid Sekolah Cikal Surabaya di  World Scholars Cup Regional Round 2024? Selengkapnya berikut ini! 




Tahun Ke-6 Cikal Surabaya Ikuti World Scholars Cup 

Mentor World Scholars Cup Sekolah Cikal Surabaya,  Destarizky Tidoputri Pratama atau yang hangat disapa Desta mengungkapkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya telah mengikutsertakan murid Cikal Surabaya sejak tahun 2018. 


“Cikal Surabaya sudah mengikuti WSC sejak tahun 2018. Sejak tahun tersebut kami sudah mengikutsertakan murid dari SD untuk ikut serta. Bahkan di tahun 2019 tim junior kami bisa lolos ke Yale university and mendapatkan thropy.” ujarnya. 


Ia juga menambahkan bahwa dalam proses keikutsertaan dan seleksi WSC di Sekolah Cikal Surabaya, seluruh murid Cikal Surabaya memiliki antusiasme yang tinggi dan ingin turut meraih pengalaman baru di turnamen akademik ini.


“Keikutsertaan murid di WSC ini adalah murni dari keinginan para murid dan orang tua sendiri. Kami sebagai guru dan pihak sekolah memberikan informasi WSC serta mendukung penuh sejak sebelum dan sampai pelaksanaan WSC selesai.” tambahnya. 


Baca Juga : Ciptakan Math Mortal Combat, Dua Murid Sekolah Cikal Surabaya Raih Prestasi di Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2024




Persiapan Intensif dan Prestasi Membanggakan WSC Cikal Surabaya


Di tahun ke-6 ini, Desta menambahkan bahwa persiapan intensif tetap dilakukan oleh tim mentor dengan durasi 3x seminggu dengan cakupan semua kategori, baik menulis, debat dan kuis.  


“Persiapan murid di WSC Cikal Surabaya untuk Regional round dari sekolah mengadakan intensive class yang dilaksanakan tiga kali seminggu saat pulang sekolah. Di kegiatan intensive class tersebut murid melakukan berbagai banyak latihan dan simulasi, seperti writing, debate, mengerjakan quiz untuk scholar's bowl dan scholar's challenge.” ujarnya. 



Dengan kesiapan yang luar biasa dan kegigihan para murid meraih pengalaman di awal WSC tahun 2024, murid-murid Sekolah Cikal Surabaya berhasil meraih prestasi yang membangggakan, yakni 207 medali. Desta merasa takjub dan bersyukur sekali atas kegigihan para murid. 


“Saya dan para mentor yang lain tentu merasa bangga atas pencapaian para murid di regional round kemarin dengan berhasil membawa pulang 89 medali emas, 114 perak dan 4 trophy. Semua itu tentu adalah hasil kegigihan, kerja keras dan semangat tinggi yang dimiliki oleh murid sehingga mendapatkan hasil yang baik.” tuturnya. 


Saat ini, Desta mengungkapkan murid-murid Sekolah Cikal Surabaya sedang mempersiapkan WSC Camp sebagai langkah persiapan menuju Global Round Bangkok pada Agustus 2024. 


“Saat ini, murid-murid Sekolah Cikal Surabaya sedang mengadakan WSC Camp mulai dari tanggal 12-14 Juli di sekolah. Ini merupakan salah satu bentuk intensive class menuju Global Round Bangkok yang akan berlangsung di akhir bulan Agustus. Dari total 22 tim yang lolos, akan ada 16 tim yang lanjut berkompetisi di Global Round Bangkok, terdiri dari 3 tim senior dan 14 tim junior.” imbuhnya. 


Semoga tim Sekolah Cikal Surabaya bisa merayakan pembelajaran dan meraih pengalaman yang mengagumkan di Global Round Bangkok 2024. (*)


Baca Juga : Cikal Book Week, Kegiatan Pengembangan Kompetensi Literasi Murid di Sekolah Cikal Surabaya




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :   Destarizky Tidoputri Pratama, Mentor World Scholars Cup Sekolah Cikal Surabaya 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED