8 Murid SD Cikal Lebak Bulus Raih Pengalaman dan Prestasi di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Prestasi Murid SD Cikal Lebak Bulus di O2SN Tingkat Kecamatan

Durasi Waktu Baca : 3 Menit





Jakarta, Sekolah Cikal Lebak Bulus. Delapan murid SD Cikal Lebak Bulus meraih pengalaman dan prestasi di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sebagai bagian dari sarana pengembangan minat dan bakat yang digerakkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada Mei 2023.


Kedelapan murid Cikal yang mengikuti O2SN antara lain Muhammad Adria Almerfarras (Year 5), Daria Lakshmi Algamar (Year 5), Niko Prakasha Maizir (Year 5), Annika Pranaya Maizir (Year 5), Mikael Danke Woen (Year 4), Muhammad Ammar Sharief (Year 4), Alaya Reza Rayqa (year 5) dan Calanthia Albirra Shanaya (Year 4).


Cabang olahraga yang diikuti oleh delegasi dari Sekolah Cikal Lebak Bulus pun beragam antara lain, Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate, dan Senam Lantai. 


(Delapan murid SD Cikal Lebak Bulus mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada Mei 2023.Dok. Cikal)



Seperti apa cerita selengkapnya? simak informasinya berikut ini.

O2SN Sarana Eksplorasi Minat Murid SD Cikal Lebak Bulus di Olahraga


Widodo Budhi atau yang akrab disapa Widodo, Pendidik PHE Sekolah Cikal Lebak Bulus yang juga merupakan koordinator O2SN Sekolah Cikal Lebak Bulus menyebutkan bahwa keikutsertaan murid SD Cikal Lebak Bulus ini dimulai rangkaiannya dengan melakukan seleksi setelah memberikan informasi akan adanya kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional. 


Kami di Sekolah Cikal Lebak Bulus memberikan kesempatan bagi para murid untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. Oleh karea itu, kami menawarkan pada seluruh murid dari kelas 3 sampai kelas 5 akan adanya O2SN ini. Setelah itu, kami melakukan seleksi di setiap cabang olahraganya, dan memilih atlet yang akan mewakili Cikal Lebak Bulus.” ujar Widodo. 


Melansir dari website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan salah satu sarana pengembangan minat dan bakat bidang olahraga peserta didik di seluruh indonesia. dengapotensi-potensi talenta yang dipunyai bangsa ini bisa menjadi aktual, sinergis, dan berkontribusi terhadap percepatan pembangunan secara komprehensif.


Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga antarsiswa yang sederajat dalam lingkup Wilayah, Kecamatan, Kota, Provinsi hingga Nasional.


Baca juga : Cerita Kai, Murid TK Cikal Serpong, Asah Kecerdasan Sosial Melalui Olahraga Renang





Berbagai Cabang Olahraga, Murid SD Cikal Lebak Bulus Memilih Sesuai Minatnya


Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Nasional bagi seluruh murid se-Indonesia ini berlangsung sejak Mei 2023. Tahapan pertama yang dilalui oleh murid SD Cikal Lebak Bulus adalah seleksi tingkat kecamatan sebelm melaju ke tingkat kota. 


Seleksi tingkat kecamatan untuk O2SN ini berlangsung pada 24 Mei 2023 di  berbagai lokasi menyesuaikan cabang olahraga yang dipilih oleh setiap murid Cikal Lebak Bulus yang menjadi delegasi atas kompetisi olahraga nasional ini. 


Widodo menyebutkan bahwa mengingat kejuaraan olimpiade di waktu yang bersamaan, SD Cikal Lebak Bulus pun menghadirkan tim khusus untuk menyeleksi, mendampingi, dan menghadirkan latihan intensif bagi murid yang menjadi delegasi atlet.


“Kami (guru pendamping) menyeleksi dan melatih murid di beberapa cabang olahraga (CABOR), baik itu atletik, pencak silat, senam lantai, dan bulutangkis.  Saya (sebagai koordinator) pun didukung oleh guru-guru PHE lainnya, yakni  Om Khairul, Desi Rosita, Dina Amaliya El Maghfirah, Difa Aryandra Z.S. sebagai pendamping dicabang-cabang olahraga lainnya dikarenakan jadwal kejuaraan yang bersamaan.” ungkapnya.


Baca juga : Sekolah Cikal Terapkan Pendidikan Berbasis Kompetensi dan Personalisasi, Lahirkan Pribadi Unggul dengan Keunikannya Hadapi Persaingan Masa Depan




Abadikan Pengalaman Terbaik dan Persiapan Melaju O2SN tingkat Kota


Dari 8 delegasi atlet sesuai dengan cabang olahraga yang dipilih, terdapat 3 murid SD Cikal Lebak Bulus yang melaju ke tingkat kota, yakni Muhammad Adria Almerfarras yang mengikuti kejuaraan Kid Atletik,  Alaya Reza Rayqa  yang melaju ke tingkat kota untuk cabang olahraga Karate, dan juga Annika Pranaya Maizir yang melaju ke tingkat kota untuk cabang olahraga Renang (putri).


Meskipun tidak melaju ke tahapan selanjutnya, kelima murid SD Cikal Lebak Bulus yang mengikuti O2SN tentu telah meraih pengalaman yang luar biasa dalam pertandingan. Tak dapat dipungkiri, mereka telah menunjukkan semangat terbaik mereka mewakili Cikal. 


Terima kasih ya untuk seluruh Atlet terpilih untuk O2SN dari SD Cikal Lebak Bulus atas antusiasme dan semangat untuk mengembangkan diri di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2023. Bagi teman-teman yang lolos menuju tingkat kota, semangat berlatih, ya! Begitu pun bagi teman-teman yang belum melaju ke tingkat kota, tetap semangat juga mencoba dan memilih tantangan atau kesempatan pengembangan diri lainnya, ya! 


Cikal tetap dan akan selalu bangga dengan fase pengembangan diri kalian semua.(*)


Baca juga : Cerita Farid, Murid SMP Cikal Serpong, Atlet Panahan Berprestasi Sejak SD!




Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Widodo Budhi, Pendidik PHE Sekolah Cikal Lebak Bulus dan juga Koordinator O2SN Sekolah Cikal Lebak Bulus

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED