Sekolah Cikal Serpong Resmi Dapat Lisensi Cambridge Assessment Center


Serpong, Sekolah Cikal.   Sebagai sekolah berbasis kompetensi di Indonesia, Sekolah Cikal selalu terdepan memberikan pendidikan berorientasi masa depan dengan pilihan program yang memenuhi dan mengembangkan minat dan bakat para murid sejak usia dini.


Pada 15 Februari 2022, salah satu lokasi Sekolah Cikal yakni Sekolah Cikal Serpong telah resmi memperoleh lisensi Cambridge Assessment Center. Terletak di Tangerang Selatan, kini Sekolah Cikal Serpong dapat memberikan ruang dan pilihan bagi para murid tingkat SMP dan SMA memilih program-program resmi Cambridge untuk mengembangkan minat, bakat dan kompetensinya dengan akses dan eksplorasi skala internasional dan melakukan asesmen di Di Sekolah Cikal Serpong.  


Sebagai pusat asesmen pertama dan satu-satunya di Tangerang Selatan untuk program Cambridge dari Cambridge Assessment International Education, Inggris, Sekolah Cikal Serpong juga dapat menerima murid dari sekolah lain yang ingin melakukan asesmen program Cambridgre di Sekolah Cikal Serpong.  



(Sekolah Cikal Serpong menjadi sekolah pertama dan satu-satunya sebagai pusat asesmen cambridge di Tangerang Selatan. Sumber www.cambridgeinternational.org)


Akses Belajar dan Eksplorasi Pengetahuan Skala Internasional 



Sebagai kepala Sekolah Cikal Serpong, Rosmayanti Mutiara Ichsan atau biasa disapa Yanti menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Sekolah Cikal, khususnya di Sekolah Cikal Serpong, Tangerang Selatan meraih lisensi internasional 


“Alhamdulillah, kami bersyukur sekali karena akhirnya Sekolah Cikal, khususnya Sekolah Cikal Serpong telah menjadi Cambridge Assessment Center, sehingga murid-murid dapat memilih program Cambridge, dan  dapat mengikuti program secara utuh. Selain itu, untuk para pendidik  juga mendapatkan akses untuk belajar dan eksplorasi pengetahuan tentang pendidikan dan pengajaran skala internasional.” tutur Yanti.


Yanti juga menceritakan bahwa persiapan Sekolah Cikal Serpong berjalan singkat namun berlangsung maksimal dengan kolaborasi dari tim pendidik yang bergerak bersama dengan orientasi yang satu, menciptakan pendidikan yang berkualitas dan bermakna bagi murid. 


“Persiapannya sendiri berjalan cukup singkat tapi maksimal. Kami mempersiapkannya selama 6 bulan di awal tahun ajaran 2021/2022. Terdapat tiga tahap yang kami lalui, tahapan administratif, verifikasi hingga asesmen final dari pihak Cambridge.” tambahnya. 



Orientasi Masa Depan, Murid Tumbuh Berdaya Bagi Indonesia dan Dunia


Telah resmi menjadi salah satu sekolah yang terintegrasi dengan Cambridge System di Tangerang Selatan, tentu hal ini akan memberikan manfaat yang semakin banyak kepada para murid dan guru dalam hal kualitas pendidikan. 


Yanti menyatakan ada beberapa manfaat yang diperoleh murid dan guru di Sekolah Cikal Serpong, yaitu:


  1. Pilihan Program Bagi Murid dengan Skala Internasional. 

Pemerolehan program dan media belajar berlisensi internasional yang diakui dunia yang akan meningkatkan tantangan, serta memotivasi murid menumbuhkan kompetensinya secara utuh untuk mencapai visi utama Cikal yakni Kompetensi 5 Bintang Cikal. 


  1. Pengembangan Kompetensi Guru. 

Guru juga memperoleh akses untuk belajar dan eksplorasi pengetahuan tentang pendidikan dan pengajaran skala internasional sehingga semakin meningkatkan inovasi dan kompetensi pengajaran di Sekolah Cikal Serpong berintegrasi dengan penerapan 5 Cara Cikal dalam proses pembelajaran.

  1. Hasil Asesmen Diakui Skala Internasional. 

Pengakuan dunia internasional akan program Cambridge tidak dapat diragukan lagi. Murid yang mengikuti asesmen program Cambridge akan meraih pengakuan internasional untuk pendaftaran kampus ternama dunia, dan asesmen dapat dilakukan di Sekolah Cikal Serpong. 


  1. Pendampingan murid dan orang tua ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Selain murid, orang tua juga dapat memperoleh rekomendasi program dan hasil asesmen yang akan menjadi bekal dan refleksi pencapaian dan perkembangan utuh anak untuk digunakan ke jenjang pendidikan selanjutnya.


(Pameran karya menjadi asesmen akhir di tingkat SMP dan SMA Sekolah Cikal Serpong. Dok. Sekolah Cikal)


Bagi Yanti, keberhasilan Sekolah Cikal Serpong meraih lisensi atau sertifikasi internasional ini tentu menjadi sebuah tanda Sekolah Cikal Serpong selalu terdepan melangkah menciptakan pendidikan berkualitas dan bermakna bagi setiap murid untuk mengasah minat bakatnya, tumbuh berdaya, dan semakin berkontribusi nyata terhadap masyarakat Indonesia, serta dunia di masa depan. 


“Dengan kehadiran program dan sertifikasi Cambridge ini tentunya akan membuat Sekolah Cikal Serpong semakin menjadi sekolah yang terdepan di Tangerang Selatan untuk dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan murid sesuai dengan minat pribadinya. Kami juga berharap, kebutuhan belajar, dan kesempatan eksplorasi murid bisa dipenuhi sesuai area atau bidang yang diminati untuk tumbuh berdaya dan semakin banyak kontribusi nyata yang dapat diberikan ke masyarakat Indonesia dan Dunia.” tutup Yanti.(*)



Daftar Program International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) di Sekolah Cikal Serpong sebagai  Cambridge Assessment Center 



No

Year 9 & Year 10

Year 11 & Year 12 

1

IGCSE English 9 & 10

A Level English Language 11 & 12

2

IGCSE Bahasa Indonesia 9 

A Level Mathematics 11 & 12

3

IGCSE Mathematics 9 & 10

A Level Physics 11 & 12

4

IGCSE Combined Science 9 & 10

A Level Biology 11

5

IGCSE Computer Science 9&10

A Level Chemistry 11

6

IGCSE Business Studies 9&10

A Level Business 11

7

IGCSE Art & Design 9 &10

A Level Economics 11

8

IGCSE PHE 9 &10

A Level Geography 11


Catatan: 

Program International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) juga ditawarkan di lokasi Sekolah Cikal lainnya, antara lain Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Cikal Lebak Bulus, dan Sekolah Cikal Surabaya, dengan beberapa pilihan yang bisa diikuti. Untuk proses belajarnya akan berjalan di masing-masing lokasi Sekolah Cikal, sementara asesmen finalnya akan dilakukan bersama-sama secara resmi di Sekolah Cikal Serpong sebagai pusat asesmen Cambridge. (*)


I'M INTERESTED