Cara Ketahui Kepekaan Guru Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Ketahui Kepekaan Guru Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Jakarta, Pendidikan Inklusi Cikal. Mengetahui dan memahami latar belakang, serta karakteristik pendidik atau guru yang tepat bagi anak-anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh orang tua saat mendaftarkan anak di sekolah inklusi.


Kepala Pendidikan Inklusi Cikal, Husnul Chotimah, menuturkan bahwa terdapat dua hal yang dapat dilihat dan diketahui oleh orang tua terkait kepekaan guru pendidikan anak berkebutuhan khusus, antara lain.


Pertama, Intensitas Guru dan Murid dalam Proses Belajar Mengajar  


Dalam Pendidikan Inklusi Cikal, proses belajar tidak hanya dilakukan dalam kelompok besar. Sebagai sekolah inklusi, Sekolah Cikal pun mengadopsi penerapan akomodasi dan modifikasi kurikulum yang mendorong peningkatan dan intensitas interaksi dan komunikasi belajar anak.


(penerapan akomodasi dan modifikasi kurikulum dapat melihat intensitas interaksi guru dan murid berkebutuhan khusus dalam proses belajar mengajar. Dok. Pendidikan Inklusi Cikal)


“Dengan adanya akomodasi dan modifikasi kurikulum terdapat pula kelompok kecil atau secara individual. Dengan adanya interaksi guru dan murid yang intens, maka guru dapat memahami sikap belajar dan perilaku keseharian anak dengan baik.” ucap pendidik yang akrab disapa Nuli ini.


Kedua, Kompetensi Guru Pendidikan Berkebutuhan Khusus 


Cara kedua yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah mengetahui dengan baik profil pendidik atau guru saat berkomunikasi dengan tim akademik di sekolah inklusi saat melakukan wawancara atau saat asesmen awal dijalankan.


(kompetensi guru bependidikan khusus menjadi salah satu langkah memetakan kepekaannya pada anak. Dok.Pendidikan Inklusi Cikal)


Menurut Nuli, kemampuan dan kompetensi pendidik di Pendidikan Inklusi Cikal telah tergolong baik dan cakap dalam memahami kebutuhan anak-anak dengan kebutuhan khusus.


“Salah satu bentuknya adalah guru dapat melakukan pengamatan dari ketahanan anak dalam beraktivitas. Apabila sudah tahu dan memahaminya, maka anak pun akan diarahkan ke kegiatan yang sesuai dengan minatnya. Sejauh ini, guru di Pendidikan Inklusi Cikal telah memiliki kompetensi yang baik untuk memahami kebutuhan anak-anak dengan kebutuhan khusus.” tukas Nuli.


Sebagai sekolah inklusi, pendidik anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cikal melalui Pendidikan Inklusi Cikal telah melalui asesmen dan wawancara yang mendalam mengenai kompetensi guru dengan latar belakang universitas dalam dan luar negeri, sehingga kompetensi guru yang telah melalui asesmen dikategorikan baik. (*)

I'M INTERESTED