Selalu Lahirkan Inovator Muda, Inilah 5 Cara Belajar SMP-SMA Cikal Surabaya

Selalu Lahirkan Inovator Muda, Inilah 5 Cara Belajar SMP-SMA Cikal Surabaya

Durasi Waktu Baca : 2 Menit



Surabaya, Sekolah Cikal Surabaya. Sekolah Cikal Surabaya merupakan sekolah berbasis kompetensi di Surabaya Barat yang mendorong para pelajar tumbuh menjadi pribadi yang memiliki nilai-nilai yang terdapat dapat Kompetensi 5 Bintang Cikal. 


Sebagai sekolah swasta nasional berakreditasi A, Sekolah Cikal Surabaya, khususnya di jenjang SMP-SMA seringkali melahirkan inovator muda berbakat, baik di bidang ilmu Matematika (Ciptakan Math Mortal Combat, Dua Murid Sekolah Cikal Surabaya Raih Prestasi di Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2024) dan lainnya. 


Enita Wardhana, Kepala SMP dan SMA Cikal Surabaya mengungkapkan bahwa SMP-SMA Cikal Surabaya menerapkan kurikulum Cikal dan menerapkan pendekatan atau cara belajar 5Cs (Characterized, Comprehensive Concept, Community Context, Challenging Choices, Constructive Continuity).  


(Lahirkan inovator muda, Inilah cara belajar SMP-SMA Cikal Surabaya. Dok. Cikal Surabaya)


Seperti apa penjelasannya dari cara belajar tersebut? Simak di bawah ini.

Pertama, Memanusiakan Hubungan (Characterized)


Cara belajar yang pertama dilakukan oleh SMP-SMA Cikal Surabaya dalah memanusiakan hubungan. Cara belajar ini menekankan pada pembentukan karakter dan nilai-nilai dalam kompetensi 5 Bintang Cikal. 


“Characterized menekankan pada pembentukan karakter dan nilai-nilai, yang dieksplorasi melalui 15 kompetensi Cikal 5 Stars, termasuk kemandirian, kepemimpinan, dan kolaborasi. Setiap pembelajaran ditujukan agar anak mampu mengenali dan mengembangkan kompetensi ini dalam konteks kehidupan sehari-hari.”tuturnya.


Baca Juga : Najelaa Shihab Ungkap Arti “Sukses” dan Cara Sekolah Cikal Tumbuhkan Arti Sukses Pada Murid Sejak Dini






Kedua, Memahami Konsep (Comprehensive Concept)


Cara kedua adalah mendampingi anak memperkaya pengetahuan dengan pemahaman konsep yang lebih luas, lintas disiplin pengetahuan untuk membuat anak tidak hanya sekadar belajar teori semata.

   

“Kami mendorong anak untuk memiliki konteks yang lebih luas, terintegrasi dalam mata pelajaran yang berbeda, serta lintas disiplin, untuk memastikan anak-anak tidak hanya mempelajari teori tetapi juga memahami aplikasi praktisnya.” jelasnya.


Baca Juga : Cara Sekolah Cikal Surabaya Dampingi Orang Tua Awasi Penggunaan Gawai Anak




Ketiga, Membangun Keberlanjutan (Constructive Continuity)

Cara ketiga yang diterapkan dalam proses belajar di SMP-SMA Cikal Surabaya adalah membangun keberlanjutan. Para murid diberikan ruang untuk secara bertahap melakukan refleksi dan pendidik memberikan umpan balik untuk mengoptimalkan pengembangan dirinya.


“Pembelajaran di SMP-SMA Cikal Surabaya dilakukan secara berkelanjutan dan konstruktif. Setiap kompetensi dinilai dan dikembangkan secara bertahap dengan refleksi dan umpan balik yang terus-menerus, memastikan setiap anak berkembang sesuai dengan potensinya dan mencapai kompetensi secara bertahap.” ujarnya.


Baca Juga : Meal Time With Family, Cara Sekolah Cikal Dorong Orang Tua Ngobrol Bareng Anak Di Tengah Kesibukan




Keempat, Memilih Tantangan (Challenging Choices)


Cara keempat adalah memberikan hak bagi anak memilih tantangan sesuai dengan tingkat perkembangan dirinya. 


“Anak-anak diberikan pilihan tantangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan mereka, memotivasi mereka untuk mengambil keputusan yang mendukung pertumbuhan pribadi dan akademis, serta membantu mereka menghadapi dan menyelesaikan masalah secara mandiri.” ujarnya.


Baca Juga : Kenali Inquiry Learning dan Pahami Manfaatnya dalam Proses Belajar





Kelima, Memberdayakan Konteks (Community Context)

Cara kelima yang diterapkan oleh SMP-SMA Cikal Surabaya adalah memberdayakan konteks. Para murid diajak untuk melibatkan konteks sosial yang nyata dlaam membuat proyek-proyek inovatif.


“Anak-anak belajar dalam konteks komunitas, baik di dalam maupun di luar sekolah, melalui kolaborasi dengan teman, guru, dan lingkungan sekitar. Proyek-proyek yang melibatkan komunitas membantu siswa menginternalisasi kompetensi dalam konteks sosial yang nyata.” ucapnya.


Dengan kelima cara ini, kompetensi-kompetensi dalam kompetensi 5 bintang Cikal akan tertanam dan berkembang secara alami dalam diri setiap anak.(*)


Baca Juga : Memahami Pengertian dan Tujuan Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) Fungsional di Sekolah Cikal




LOKASI SMP dan SMA Cikal Surabaya

Jl. Raya Lontar No. 103, Kel. Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60216 Surabaya




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Narasi ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  Enita Wardhana, Kepala SMP-SMA Cikal Surabaya

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED